Bungkam Juara Bertahan Jawa Barat, Papua Raih Medali Emas Futsal PON XX Papua 2021

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Minggu 03 Oktober 2021 14:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 03 43 2480593 bungkam-juara-bertahan-jawa-barat-papua-raih-medali-emas-futsal-pon-xx-papua-2021-NrNfTcbi1M.jpg Papua raih medali emas di cabor futsal PON XX Papua 2021 (Foto: Instagram/@ponxxpapua2020)

MIMIKA – Tuan rumah Papua menyegel medali emas cabang olahraga (cabor) futsal Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Medali emas diraih Papua usai mengalahkan sang juara bertahan, Jawa Barat (Jabar), 4-2 di GOR Futsal SP-2, Kota Timika, Minggu (3/10/2021). 

Ilustrasi futsal (Foto: Istimewa)

Jalannya Pertandingan

Laga berlangsung ketat pada lima menit pertama. Papua tampil menyerang dan menunjukkan permainan cepat. Jawa Barat melawan dengan pertahanan solid dan transisi mumpuni.

Muhammad Najib berhasil mempertahankan penguasaan bola sampai membuat jatuh pemain bertahan Jabar. Dia mengakhiri aksinya dengan tendangan kencang di depan gawang. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk Papua.

Tertinggal satu gol sempat membuat pertahanan Jabar panik. Akhirnya, itu menjadi bencana ketika Pieter M. Ireeuw menceploskan bola ke gawang Jabar.

Di sisa-sisa menit babak pertama, Jawa Barat tampil makin menyerang dan ngotot. Mereka pun mampu bermain tampil dominan.

Upaya Jabar membuahkan hasil. Saat babak menyisakan kurang dari satu menit, Rio Pangestu meliuk-liuk melewati 1-2 pemain Papua, lalu mencetak gol dengan tendangan kencang. Skor 2-1 untuk keunggulan Papua menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, Jawa Barat langsung tancap gas sehingga membuat Papua kaget. Hasilnya, saat laga baru berlangsung tiga menit, pertahanan Papua ditembus.

Hal itu dimanfaatkan Rio Pangestu untuk menciptakan gol keduanya pada laga ini. Tendangan kencang dari tengah lapangan mengubah skor menjadi 2-2. Game On!

Ilustrasi futsal (Foto: Istimewa)

Namun, Jabar gagal memanfaatkan momentum. Papua bisa memberikan tekanan bagi Jabar.

Alhasil, mereka kembali mencetak dua gol pada sisa waktu di babak kedua. Dua gol itu diciptakan oleh FX Mikus Tanu dan Brian Ick. Skor 4-2 pun menutup final ini dengan Papua keluar sebagai juara

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini