Sapuk Merah Sinyal Peraihan Medali Emas Kempo NTB

edy gustan, Jurnalis · Sabtu 02 Oktober 2021 21:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 02 43 2480409 sapuk-merah-sinyal-peraihan-medali-emas-kempo-ntb-mleQXiBCkj.jpg Pelepasan Tim Kempo NTB ke ajang PON XX Papua (Foto: Ist)

MATARAM-Pengurus Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) Nusa Tenggara Barat melepas kontingen Kempo menuju PON Papua. Kontingen terdiri atas delapan atlet, manager dan satu official.

Mereka dibekali sapuk (ikat kepala) berwarna merah sebagai simbol keberanian untuk meraih medali emas pada PON XX Papua. Kedelapan atlet Kempo NTB akan bertanding pada 9 – 13 Oktober 2021.

Ketua Perkemi NTB Ibnu Salim, S.H, M.Si menegaskan Perkemi NTB sejatinya ditargetkan meraih satu medali emas. Tapi dia optimistis para atlet Kempo NTB akan meraih dua medali emas. “Semua harus bermain dengan santai, target dua medali emas jangan dijadikan beban, tapi sebagai motivasi untuk meraih kemenangan,” ujar Ibnu Salim saat melepas Kontingen Kempo di Rusun Batu Layar Lombok Barat Sabtu (2/9).

Shorinji Kempo NTB akan bertanding di enam nomor yakni Randori Putra kelas 65Kg, Randori Putri kelas 60Kg, embu pasangan yudhansa putra dan putri, embu pasangan kyu kenshi putra, embu pasangan lyu kenshi putri, dan embu campuran kyu kenshi.

Baca juga: Momen Unik dalam Upacara Pembukaan PON XX Papua 2021: Presiden Jokowi Main Bola dengan Anak-Anak

Ibnu Salim mengatakan performa atlet Kempo NTB sangat bagus. Terlebih mereka sudah berlatih lebih kurang selama 1,9 tahun. Meski di tengah pandemi, tidak mengendurkan semangat para atlet Kempo NTB. “Jangan lupa terus berdoa dan tawakkal. Jangan tinggalkan salat bagi yang muslim. Tetap semangat dan jaga nama baik NTB,” ujar Ibnu Salim.

Sementara itu pelatih Perkemi NTB Agus Suharyan, V DAN mengatakan ada dua nomor yang berpotensi menghasilkan medali emas. Yakni, nomor perorangan putri kelas 60Kg atas nama Rini Kurniati dan embu berpasangan putra Kyu Kenshi atas nama Idham Kholiq dan Rizkiawan Dwi Satriaji.

Saat pra Pon 2019 lalu, kedua nomor ini meraih medali perak. Meski begitu, pihaknya optimistis semua nomor berpeluang meraih emas.

NTB mengirim 106 atlet pada PON XX Papua terdiri atas 66 atlet putra dan 40 atlet putri. Mereka bertanding di 115 nomor dari 19 cabang olahraga yang diikuti.

NTB bahkan menargetkan perolehan 17 medali emas pada PON Papua. Cabang olahraga Kempo diharapkan dapat menyumbangkan emas. Selain Kempo, juga diharapkan dari cabang olahraga atletik, tinju, tarung drajat, voli pasir, panjat tebing, dan karate.

NTB sudah meraih medali emas dari cabor panjat tebing. Tim putri NTB meraih emas di nomor boulder saat berlaga di Arena Panjat Tebing SP2 Poros SP5 Timika, Mimika

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini