Momen Unik dalam Upacara Pembukaan PON XX Papua 2021: Presiden Jokowi Main Bola dengan Anak-Anak

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Sabtu 02 Oktober 2021 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 02 43 2480366 momen-unik-dalam-upacara-pembukaan-pon-xx-papua-2021-presiden-jokowi-main-bola-dengan-anak-anak-6wXKOwsHpi.jpg Presiden Jokowi main bola dengan anak-anak kecil dalam upacara pembukaan PON XX Papua 2021 (Foto: Instagram/@ponxxpapua2020)

JAYAPURA - Upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 berlangsung dengan meriah di Stadion Lukas Enembe, Sabtu (2/10/2021). Momen unik tersaji ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang membuka PON XX Papua 2021, turun langsung ke lapangan untuk bermain bola bersama anak-anak Papua.

Acara ini diawali dengan tarian dan nyanyian tradisional khas Papua. Kemudian, parade para atlet dari 34 Provinsi di Indonesia, ofisial, dan perangkat pertandingan tersaji dalam acara itu.

Upacara pembukaan PON XX Papua 2021 (Foto: PB PON XX Papua 2021)

Setelah itu, ada pengibaran bendera ke-34 Provinsi dilanjutkan dengan bendera Pekan Olahraga Nasional (PON). Bendera PON dibawa oleh delapan atlet legendaris Papua.

Hingga tiba di acara puncak, yakni peresmian pembukaan PON XX Papua 2021. Presiden Jokowi meresmikannya secara langsung diiringi dengan pidato singkat.

BACA JUGA: Presiden Jokowi: PON Panggung Persatuan dan Kesetaraan untuk Maju Bersama

Selanjutnya, ada penampilan beberapa ragam kebudayaan khas Papua dan diikuti pertunjukkan permainan bola. Sebanyak empat anak kecil dengan senang melakukan oper-operan dengan legenda sepakbola asal Papua, Jack Komboy.

Setelah itu, momen unik terjadi ketika seorang anak dengan baju khas Papua membawa Tifa (alat musik Papua) menghampiri Gubernur Papua Lukas Enembe di tribun. Terdengar sayup-sayup dari pengeras suara memanggil Presiden Jokowi untuk ikut bermain, “Pak Presiden Jokowi, mari bergabung bersama kami."

Seketika Jokowi beranjak dari tempat duduknya, lalu berlari kecil turun dari bangku kehormatan ke arah lapangan. Ia pun bergabung dengan Jack Komboy dan anak-anak untuk main bola.

PON XX Papua 2021 (Foto: Instagram/@ponxxpapua2020)

Sontak hal itu memicu tepuk tangan meriah penonton yang hadir. Apalagi seusai itu, ada ikon PON XX Papua 2021 sekaligus pesepakbola kebanggaan Papua, Boaz Sollosa, membawa obor PON.

Boaz seketika berlutut sambil membawa obor di samping Jokowi dan Jack Komboy yang tengah bermain bola. Tak lama berselang, ia berlari menuju couldron besar untuk menyalakan api PON XX Papua 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini