Dapat Penalti, Valtteri Bottas Start dari Posisi 17 di F1 GP Rusia 2021

Rio Eristiawan, Jurnalis · Minggu 26 September 2021 18:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 26 37 2477129 dapat-penalti-valtteri-bottas-start-dari-posisi-17-di-f1-gp-rusia-2021-8CSOyhawJ1.jpg Valtteri Bottas dapat penalti sehingga akan memulai balapan F1 GP Rusia 2021 dari posisi 17 (Foto: Reuters)

SOCHI - Pembalap Mercedes AMG Petronas, Valtteri Bottas, menerima penalti jelang berlangsungnya balapan Formula One (F1) GP Rusia 2021 di Sirkuit Sochi Autodrom, Minggu (26/9/2021), malam WIB. Alhasil, dia harus memulai balapan dari posisi ke-17.

Sejatinya, Bottas finis ketujuh dalam kualifikasi yang berlangsung kemarin, Sabtu 25 September 2021. Pada saat bersamaan, rekan setim Bottas, Lewis Hamilton ada tiga posisi di atasnya.

Valtteri Bottas (Foto: Reuters)

Namun, Mercedes mengambil keputusan untuk mengubah power unit Bottas secara mendadak sehingga pembalap Finlandia itu harus dihukum dan akan memulai balapan F1 GP Rusia 2021 dari urutan ke-17. Menurut laman resmi F1, Minggu (26/9/2021), seorang juru bicara dari Mercedes mengonfirmasi soal mengganti power unit Bottas yang juga sempat diubah untuk Grand Prix Italia dua minggu lalu.

BACA JUGA: Start dari Belakang di F1 GP Rusia 2021, Max Verstappen Harap Pembalap Barisan Depan Bikin Blunder

Langkah ini sekaligus menjadikan Bottas sebagai penghalang bagi Max Verstappen (Red Bull Racing) yang merupakan pimpinan klasemen sementara sekaligus rival Hamilton dalam perebutan gelar juara dunia F1 2021. Sebab, Verstappen juga akan memulai balapan dari posisi ke-20 karena alasan yang sama dengan Bottas.

Keputusan taktis untuk penalti Bottas dengan tujuan membantu Hamilton dalamm perebutan gelar juara. Keberadaan Bottas diharapkan bisa menggagalkan Verstappen meraih poin di Sirkuit Sochi.

Bottas akan start di depan tiga pembalap lainnya, yaitu Nicholas Latifi (Williams Racing), Charles Leclerc (Scuderia Ferrari), danĀ  Verstappen. Seperti Bottas dan Verstappen, Latifi dan Leclerc juga melakukan pergantian power unit.

Sementara itu, tugas berat buat Verstappen yang ingin bisa merangsek ke depan sejak awal karena ada beberapa pembalap top di barisan belakang, terutama Bottas. Selain Bottas, Antonio Giovinazzi (Alfa Rome) juga mendapat penalti grid jelang dimulainya balapan.

Valtteri Bottas (Foto: Reuters)

Kondisi ini menguntungkan Hamilton yang akan berusaha untuk memenangkan balapan malam ini. Hamilton tidak boleh kehilangan poin dari Sirkuit Sochi karena itu akan membuat pengorbanan Bottas sia-sia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini