Ini Jawaban Valentino Rossi soal Peluangnya Jadi Test Rider Usai Pensiun dari MotoGP

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Kamis 23 September 2021 05:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 23 38 2475514 ini-jawaban-valentino-rossi-soal-peluangnya-jadi-test-rider-usai-pensiun-dari-motogp-byihhL42fZ.jpg Pembalap Tim Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi. (Foto: MotoGP)

MISANO Valentino Rossi telah memutuskan untuk pensiun dari MotoGP pada akhir musim 2021 nanti. Keputusan itu diakui Rossi sangat berat karena sejatinya pembalap berjuluk Th Doctor itu masih sangat ingin balapan.

Rossi percaya ia akan langsung merindukan motor balap ketika pensiun nanti. Pernyataan Rossi itu lantas membuat banyak pihak langsung menganjurkan Rossi untuk menjadi seorang test rider atau pembalap pengembang.

Seperti yang diketahui, tugas pembalap tes adalah meningkatkan kualitas motor suatu tim yang dibelanya dan terkadang memiliki kesempatan balapan dari wildcard yang diberikan. Jika suatu saat nanti Rossi merindukan suasana balapan, maka ia bisa saja menggunakan wildcard jika menjadi seorang test rider.

Baca Juga: Tuai Hasil Bagus dalam Tes Resmi MotoGP 2021 di Sirkuit Misano, Valentino Rossi Girang

Valentino Rossi

Karena itulah Rossi pun disarankan untuk mencoba pekerjaan baru tersebut. Toh sudah ada banyak pembalap yang baru pensiun lalu beralih menjadi pembalap pengembang, seperti halnya Dani Pedrosa dengan KTM dan Cal Cruchlow yang kini menjadi test rider Yamaha.

Rossi sendiri mengaku sempat memikirkan soal menjadi test rider tersebut. Namun, untuk sekarang ini pembalap asal Italia itu belum bisa menjawabnya.

Bagi Rossi, pekerjaan menjadi pembalap tes tidaklah mudah. Dibutuhkan kerja keras baik secara fisik maupun mental. Daripada menjadi pembalap tes, Rossi mengaku lebih senang beraksi di balapan akhir pekan.

“Pekerjaan (test rider) itu menuntut Anda untuk selalu kerja keras, baik secara fisik maupun mental. Sulit bagi saya, itulah sisi sulit dari pekerjaan kami. Saya lebih suka balapan akhir pekan,” ungkap Rossi, mengutip dari Speedweek, Kamis (23/9/2021).

“Untuk sekarang ini saya tidak tahu (apakah akan menjadi test rider). Saya harus melihat betapa saya akan merindukan mengendarai motor MotoGP ketika saya tidak melakukannya lagi,” tambahnya.

Valentino Rossi

“Akan menyenangkan untuk tetap melakukannya sesekali. Tapi melakukan tes bukanlah hal terbaik tentang pekerjaan kami,” lanjut pembalap Petronas Yamaha SRT tersebut.

“Bukan berarti test drive merupakan salah satu momen yang tak terlupakan bagi seorang pembalap MotoGP. Mungkin saya akan merindukan MotoGP dan kemudian saya ingin memiliki kesempatan untuk mengendarainya sesekali. Jadi, untuk saat ini saya tidak tahu,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini