Share

Marc Marquez Tampil Ganas di Trek Kering MotoGP Austria 2021, Ini Kunci Suksesnya

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Senin 16 Agustus 2021 18:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 16 38 2456504 marc-marquez-tampil-ganas-di-trek-kering-motogp-austria-2021-ini-kunci-suksesnya-z6ArjibgcO.jpg Marc Marquez nyaris naik podium di MotoGP Austria 2021. (Foto: Instagram/@marcmarquez93)

SPIELBERG – Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, tampil mengesankan di MotoGP Austria 2021. Meski akhirnya hanya finis di urutan ke-15, Marquez sejatinya sempat bertarung memperebutkan kemenangan dalam balapan yang digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Minggu 15 Agustus 2021 malam WIB itu.

Sebagaimana diketahui, balapan MotoGP Austria 2021 yang digelar kemarin malam berlangsung penuh drama. Banyak sekali pembalap yang berhasil memimpin balapan, termasuk Marc Marquez.

Marc Marquez

The Baby Alien -julukan Marquez- menunjukkan peningkatan performa, terutama dalam kondisi trek kering. Alhasil, Marquez sempat memimpin beberapa putaran saat bersaing sengit dengan Francesco Bagnaia.

BACA JUGA: Lagi-Lagi Gagal Menang, Bagnaia Nyesel Ikut Marquez Ganti Motor di MotoGP Austria 2021

Namun, nasib sial kemudian menimpa Marquez. Dia harus kembali ke garasi untuk mengganti motornya karena kondisi trek yang berubah menjadi basah akibat huja deras yang mengguyur Sirkuit Red Bull Ring.

BACA JUGA: Mengejutkan! Demi Tampil di MotoGP Austria 2021, Marc Marquez Lakukan Hal Gila Ini

Usai kembali ke trek, Marquez pun ketiban nasib sial, di mana dirinya mengalami kecelakaan kala balapan sudah memasuki lap ke-25. Beruntung, Marquez masih bisa menyelesaikan balapan dan finis di posisi dua terakhir dari 17 pembalap yang tersisa.

The Baby Alien –julukan Marquez- pun mengungkapkan kunci dari kecepatan motornya di trek kering. Hal itu terjadi karena pemilihan ban yang tepat.

Dalam balapan tersebut, Marquez diketahui memilih menggunakan ban belakang tipe soft. Padahal, pembalap lain menggunakan ban tipe medium.

“Ya, maksud saya tentu saja dari luar itu tampak seperti perjudian, atau mereka (timnya) mengambil risiko,” kata Marquez dilansir dari Motorsport, Senin (16/8/2021).

Marc Marquez

“Tapi, kami mencobanya di latihan bebas 4 dan performanya tidak buruk. Dengan pengalaman kami, ban ini bekerja dengan baik dan dengan ban Michelin terkadang Anda perlu melupakan soft, medium, dan hard. Anda hanya perlu mencoba memahami perasaan dan untuk motor kami tahun ini kami banyak berjuang, banyak dengan cengkeraman belakang,” jelasnya.

Bintang asal Spanyol itu mengatakan ban itu adalah satu-satunya ban yang membuatnya merasa nyaman. Menurutnya, dengan ban tipe soft, dia bisa membalap dengan baik dan merasa jauh lebih kuat di akhir balapan dibandingkan saat memulainya.

“Jadi, dengan yang soft setidaknya kita bisa membalap dengan baik selama 10 lap, 15 lap. Tapi entah kenapa, saya tidak tahu kenapa, di akhir balapan saya merasa jauh lebih kuat dari bagian pertama balapan,” ujar pembalap Repsol Honda itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini