Share

Medali Emasnya di Olimpiade Tokyo 2020 Digigit Wali Kota, Atlet Sofbol Jepang Dapat Medali Baru

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 13 Agustus 2021 14:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 13 43 2455134 medali-emasnya-di-olimpiade-tokyo-2020-digigit-wali-kota-atlet-sofbol-jepang-dapat-medali-baru-EIYWwcsGzs.jpg Wali Kota Nagoya, Takashi Kawamura, saat menggigit medali milik Miu Goto. (Foto: Reuters)

SOSOK Miu Goto turut mendapat sorotan besar dari publik dunia di tengah gelaran Olimpiade Tokyo 2020. Bukan hanya karena kesuksesannya membantu Timnas Sofbol Putri Jepang menjadi juara di Olimpiade Tokyo 2020, Miu Goto juga turut disorot karena medali emas miliknya digigit oleh Wali Kota Nagoya, yakni Takashi Kawamura.

Hal itu terjadi dalam sebuah acara yang ditujukan guna merayakan kemenangan pitcher sofbol, Miu Goto, di Olimpiade Tokyo 2020. Dalam acara itu, Takashi Kawamura yang turut hadir, tiba-tiba melepas maskernya dan menggigit medali emas yang diraih Goto.

Miu Goto

Goto sendiri hanya bisa terdiam melihat kelakuan sang pejabat. Sementara Takashi Kawamura, dia langsung mendapat hujatan dari netizen di media sosial.

BACA JUGA: Soal Bonus Olimpiade Tokyo 2020, Ketua KOI: Bukti Atensi Spesial Pemerintah

Kala itu, ada pihak yang sampai menyarankan agar Goto mencari medali pengganti medali yang diraihnya di Olimpiade Tokyo 2020 itu. Sebab, aksi yang dilakukan Takashi Kawamura bisa berbahaya secara kesehatan, terlebih di tengah kondisi pandemic Covid-19 saat ini.

BACA JUGA: Soal Pensiun dari Bulu Tangkis, Ini Respons Hendra Setiawan

Di Jepang sendiri, kasus Covid-19 masih cukup tinggi. Jepang berada di peringkat ke-32 secara global dalam hal kasus Covid-19. Kasus di sana mencapai lebih dari 1.069.550. Lebih dari 15.330 orang telah meninggal karena infeksi virus Covid-19 di sana, sementara lebih dari 920.860 telah pulih dari penyakit tersebut.

Tetapi kini, harapan Goto mendapatkan medali baru bisa menjadi kenyataan. Sebagaimana diwartakan media setempat Kyodo, dikutip dari Taas, Jumat (13/8/2021), Miu Goto akan mendapat medali emas baru dari Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Meski begitu, belum diketahui secara pasti kapan medali itu akan diberikan kepada Miu Goto. Tetapi, sang atlet pastinya akan menyambut hal tersebut dengan gembira.

Miu Goto

Atas kejadian penggigitan medali itu sendiri, Wali Koa Nagoya sudah menyampaikan permintaan maafnya. Sang wali kota bahkan berbicara kepada Presiden Komite Olimpiade Jepang (JOC), Yamashita Yasuhiro, bersedia untuk menutupi biaya medali emas baru untuk Goto dengan biaya sendiri.

Di Olimpiade Tokyo 2020 sendiri, Jepang menempati posisi ketiga di klasemen akhir peraih medali. Mereka merebut 27 medali emas, 14 perak, dan 17 perunggu. Ini jadi hasil medali terbaik tim nasional Jepang di sepanjang Olimpiade.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini