Indonesia Jadi Unggulan Pertama di Piala Thomas 2020, Bagaimana dengan Tim Uber Merah Putih?

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Kamis 12 Agustus 2021 14:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 12 40 2454593 indonesia-jadi-unggulan-pertama-di-piala-thomas-2020-bagaimana-dengan-tim-uber-merah-putih-u9RTkSjPCf.jpg Piala Thomas dan Uber 2020 sempat tertunda setahun karena pandemi Covid-19. (Foto/BWF)

KUALA LUMPUR – Tim bulu tangkis putra Indonesia menjadi unggulan pertama di Piala Thomas 2020. Lalu Bagaimana dengan tim putri yang ikut berlaga di Piala Uber?

Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), telah merilis daftar unggulan dan pembagian pot Piala Thomas & Uber 2020, Kamis (12/8/2021). Turnamen ini sedianya digelar pada tahun lalu, namun karena pandemi Covid-19 yang melanda dunia, Piala Thomas & Uber 2020 ditunda dan dimainkan pada 2021.

Foto/Reuters

Turnamen beregu antar negara ini akan digelar di Aarhus, Denmark pada 9-17 Oktober 2021. Piala Thomas & Uber 2020 masing-masing diikuti oleh 16 tim yang akan dibagi ke dalam empat grup.

Baca juga: PBSI Lega Piala Thomas dan Uber 2020 Diundur hingga Tahun Depan

Indonesia ada di urutan teratas dalam daftar unggulan dan pembagian grup Piala Thomas 2020. Sebagai unggulan pertama, tim Merah-Putih otomatis masuk ke Grup A. Sedangkan Jepang yang ada di unggulan kedua, akan masuk ke dalam Grup D.

Baca juga: Daftar Unggulan Piala Sudirman 2021, Indonesia di Bawah China

Juara bertahan Piala Thomas 2018, China, ada di tempat ketiga, disusul oleh juara Piala Thomas 2016, Denmark, yang ada di posisi keempat. Kedua negara tersebut akan mengisi pot pertama di antara Grup B dan Grup C.

Negara tetangga, Malaysia, ada di urutan ke tujuh. Mereka berada di bawah Taiwan dan India, serta ada di atas Korea Selatan yang duduk di posisi delapan. Negara-negara di atas mengisi pot kedua dan akan disebar ke dalam empat grup.

Negeri Gajah Putih, Thailand, menempati urutan teratas di pot ketiga alias unggulan ke sembilan. Mereka berada di atas negara-negara Eropa seperti Inggris, Jerman, Prancis dan Belanda, yang ada di posisi 10, 11, 13 dan 14.

Terselip nama Kanada yang menjadi satu-satunya wakil benua Amerika di antara negara-negara Benua Biru. Mereka duduk sebagai unggulan ke 12. Posisi dua terbawah diisi oleh wakil Oseania, Australia dan wakil Afrika, Nigeria, di tempat terakhir. Setiap tim yang ada di pot ketiga, mulai dari Thailand sampai Nigeria, akan dipecah secara acak ke dalam empat grup yang ada.

Berbeda dengan tim Thomas Indonesia, tim Merah-Putih untuk Piala Uber 2020 berada di tempat teratas pot kedua alias unggulan kelima. Disusul oleh Taiwan, India dan Denmark yang ada di posisi enam, tujuh dan delapan.

Sementara itu di pot pertama ditempati oleh Jepang, China, Korea Selatan dan Thailand. Jepang sebagai juara bertahan akan masuk ke Grup A, sedangkan China sebagai unggulan kedua masuk ke dalam Grup D. Sisanya akan disebar ke dua grup tersisa.

Negeri Jiran Malaysia ada di unggulan kesembilan, diikuti oleh wakil benua Amerika, Canada, di posisi 10. Di bawah mereka ada negara-negara Eropa, yaitu Prancis, Jerman dan Spanyol. Sementara itu negara eropa lainnya, Skotlandia, ada di urutan paling bawah.

Foto/Reuters

Wakil Oseania, Australia, dan wakil Afrika, Mesir, berada di antara negara-negara Eropa itu. Mereka duduk di posisi 14 dan 15 daftar unggulan Piala Uber 2020. Pembagian grup tim Uber yang ada di pot dua dan tiga sama dengan pembagian tim Thomas di atas.

Sebelumnya hasil undian pun telah dilangsungkan pada tahun lalu. Akan tetapi, mengingat ada penundaan yang digeser pada tahun ini, maka BWF memutuskan untuk melakukan pengundian ulang pada 18 Agustus 2021.

Berdasarkan peraturan BWF ada empat cara yang bisa dilalui kontingen negara untuk lolos ke Piala Thomas & Uber, yakni pemenang juara bertahan, tuan rumah Piala Thomas & Uber, kualifikasi dan peringkat terbaik di dunia.

Selain tuan rumah dan juara bertahan. Ke-14 slot itu terdiri dari empat semifinalis dari kejuaraan beregu Asia, empat semifinalis dari kejuaraan beregu Eropa, pemenang dari kejuaraan Afrika, pemenang dari Oceania, pemenang dari Pan Am, dan tiga peringkat teratas berdasarkan ranking dunia.

Berikut adalah daftar lengkap unggulan peserta Piala Thomas & Uber 2020:

Piala Thomas:

1. Indonesia

2. Jepang

3. China

4. Denmark

5. China Taipei

6. India

7. Malaysia

8. Korea Selatan

9. Thailand

10. Inggris

11. Jerman

12. Kanada

13. Prancis

14. Belanda

15. Australia

16. Nigeria

Piala Uber:

1. Jepang

2. China

3. Korea Selatan

4. Thailand

5. Indonesia

6. China Taipei

7. India

8. Denmark

9. Malaysia

10. Kanada

11. Prancis

12. Jerman

13. Spanyol

14. Australia

15. Mesir

16. Skotlandia

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini