Share

Profil Valentino Rossi: Sempat Dicemooh Hingga Pensiun sebagai Legenda MotoGP

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Jum'at 06 Agustus 2021 00:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 05 38 2451628 profil-valentino-rossi-sempat-dicemooh-hingga-pensiun-sebagai-legenda-motogp-JMsZa8rLV4.jpg Valentino Rossi legenda hidup MotoGP (Foto: MotoGP)

VALENTINO Rossi pesiun dari MotoGP pada akhir musim 2021. Rossi gantung helm sebagai legenda MotoGP yang telah mengukir banyak prestasi gemilang.

Terang saja, pembalap 42 tahun itu telah meraih sembilan gelar juara dunia di berbagai kelas. Dari kesembilan gelar itu, satu didapatkan di kelas 125 cc dan satu lainnya di kelas 250cc. Sementara itu, tujuh gelar lainnya diraih di level tertinggi, MotoGP, pada 2001, 2002, 2003, 2004,2005, 2008, dan 2009.

Valentino Rossi pensiun pada akhir musim ini (Foto: MotoGP)

Namun, siapa sangka di balik kesuksesan itu, Rossi memiliki masa lalu yang menyedihkan. Ya, ia sempat menjadi bahan cemoohan saat masih muda.

Rossi lahir dari keluarga sederhana pada 16 Februari 1979 di Urbino, Italia. Ia memiliki kedua orang tua yang selalu mendukung kariernya sebagai seorang pembalap.

Rossi memiliki ayah, yang juga merupakan pembalap, yaitu Graziano Rossi. Graziano aktif berkarier pada 1977-1982. Lalu, sang ibu bernama Stefania Palma.

BACA JUGA: Valentino Rossi Pensiun: Begini Karier Cemerlang The Doctor di MotoGP

Sayangnya, orang tua Rossi bercerai. Alhasil, Rossi pun memiliki saudara tiri laki-laki dari sang ibu, yaitu Luca Marini. Dari ayahnya, Rossi memiliki saudara tiri perempuan bernama Clara Rossi.

Sekadar informasi, Marini saat ini juga memilih mengikuti jejak sang kakak untuk berkarier di dunia balap motor. Marini kini sedang menjalani musim debutnya di MotoGP.

Berdasarkan buku tentang biografinya yang berjudul “Rossi Sang Legenda," dia menceritakan bagaimana masa mudanya. Rossi pun diketahui sering diremehkan dan dicemooh oleh guru serta teman-temannya semasa sekolah.

Bahkan, sang guru pernah meramal Rossi memiliki masa depan yang buruk. Oleh sebab itu, Rossi tak pernah tertarik dengan pendidikan formal.

Valentino Rossi pensiun pada akhir musim ini (Foto: MotoGP)

Seiring berjalannya waktu, Rossi tumbuh dewasa dengan satu hobi, yakni balap motor. Sampai akhirnya hobi itu disalurkan saat berusia 17 tahun, tepatnya pada 1996, dengan memperkuat tim lokal, Scuderia AGV Aprilia, di kelas 125cc.

Pada musim keduanya, ia langsung mencatatkan diri sebagai juara. Rossi pun naik ke kelas 250cc pada 1998, lalu menjadi juara semusim setelahnya.

Rossi akhirnya mendapatkan julukan The Doctor sejak tampil di kelas 500cc (MotoGP pada waktu itu) untuk pertama kalinya pada 2000 silam. Julukan ini berkaitan dengan keahlian Rossi dalam bidang balap motor.

Di Italia, panggilan The Doctor ditujukan kepada seseorang dengan keahlian luar biasa dalam bidang tertentu. Sampai akhir kariernya pada tahun ini, julukan itu terus tersemat dan tak akan tergantikan. Rossi adalah ikon sekaligus legenda MotoGP.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini