Takluk dari Unggulan Pertama, Nova Widianto Sebut Praveen/Melati Kalah Cepat

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Rabu 28 Juli 2021 22:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 28 40 2447563 takluk-dari-unggulan-pertama-nova-widianto-sebut-praveen-melati-kalah-cepat-nB2CV8pv39.JPG Praveen/Melati terhenti di perempatfinal Olimpiade Tokyo 2020 (Foto: Reuters)

TOKYO - Langkah pasangan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di ajang Olimpiade Tokyo 2020 terhenti sudah. Praveen/Melati takluk dari unggulan pertama asal China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong lewat dua gim langsung dengan skor 17-21, 15-21.

Pada babak perempatfinal yang berlangsung di Musashino Forest Sport Plaza, Rabu (28/7/2021), pasangan China memang sudah menunjukkan dominasi mereka sejak gim pertama. Sementara Praveen/Melati yang tertekan terlihat sangat sulit mengembangkan permainan.

Beberapa kesalahan yang dilakukan Praveen/Melati juga jadi salah satu faktor yang membuat Zheng/Huang kian percaya diri. Setalah berhasil mengamankan gim pertama, pasangan nomor satu dunia itu pun tak kesulitan untuk menyudahi permainan di gim kedua.

Kekalahan ini memupus harapan ganda campuran Indonesia untuk mempertahankan medali emas Olimpiade yang mereka raih di Rio de Janeiro, Brazil tahun 2016. Kala itu, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir sukses meraih medali emas pada ajang prestisius empat tahunan ini.

Baca juga: Praveen/Melati Gagal di Olimpiade Tokyo 2020, Nova Widianto: Kekalahan Ini Tanggung Jawab Saya

Usai pertandingan, pelatih ganda campuran Indonesia, Nova Widianto memberikan komentar. Ia mengakui hasil ini cukup mengecewakan karena diluar dari target yang diharapkan.

Meski demikian, bagi Nova anak didiknya itu sudah bermain lebih baik ketimbang di fase grup. Ia melihat Praveen/Melati sudah berjuang hingga akhir meski tetap tak mampu mengatasi perlawanan pasangan China.

Lebih lanjut, Nova juga mengakui Zheng/Huang bermain lebih baik pada pertandingan kali ini. Ia juga menilai Praveen/Melati kalah cepat terutama pada permainan bola depan.

"Kalau dari segi permainan dan gregetnya sudah bagus dibanding di fase grup lalu, sampai terakhir mereka juga tidak menyerah," ujar Nova seperti keterangan pers yang diterima MPI, Rabu (28/7/2021).

 

"Tapi kita harus akui lawan hari ini main lebih bagus, kita kalah cepat terutama di permainan depan," lanjut Nova.

Untuk itu, Nova pun memastikan bahwa akan ada pembenahan di sektor ganda campuran. Evaluasi atau pembenahan dilakukan berkaca dari hasil yang diraih Jordan/Melati di ajang Olimpiade Tokyo 2020 kali ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini