Melani/Mutiara Diharapkan Tampil All Out di Final C Dayung Olimpiade Tokyo 2020

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Minggu 25 Juli 2021 13:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 25 43 2445651 melani-mutiara-diharapkan-tampil-all-out-di-final-c-dayung-olimpiade-tokyo-2020-qn96B87D9t.jpg Penampilan Melani Putri/Mutiara Rahma Putri di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Reuters)

TOKYO – Pasangan atlet dayung putri Indonesia, Melani Putri/Mutiara Rahma Putri, dipastikan masih bisa tampil di babak Final C Olimpiade Tokyo 2020. Peluang ini pun diharapkan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Melani/Mutiara dengan menampilkan kinerja optimalnya.

Sejauh ini, Melani/Mutiara memang diketahui belum bisa mendulang hasil manis di Olimpiade Tokyo 2020. Mereka bahkan harus mengubur mimpi melaju ke Final B kelas Lightweight Double Sculls (LWX2).

Melani Putri/Mutiara Rahma Putri

Sebab, dalam perlombaan ulang (repechage) yang digelar di Sea Forest Water Way Tokyo, Jepang, Sabtu 24 Juli 2021, Melani/Mutiara hanya finis di peringkat keenam. Mereka mencatatkan waktu 08 menit 3,19 detik dalam kesempatan itu.

Pelaih Tim Nasional (Timnas) Dayung Indonesia, Muhammad Hadris, mengatakan bahwa sebenarnya Melani/Mutiara mengincar posisi ketiga. Namun, Hadris menyadari persaingan di cabang olahraga dayung Olimpiade Tokyo 2020 ini berat.

BACA JUGA: Hasil Olimpiade Tokyo 2020: Tampil Impresif, Peselancar Rio Waida Melaju ke 16 Besar

Oleh sebab itu, Hadris pun tetap mengapresiasi perjuangan keras yang ditunjukkan Melani/Mutiara. Kini, dia meyakini pada kesempatan final C nanti, mereka dapat bermain jauh lebih baik dari sebelumnya.

BACA JUGA: Hasil Dayung Olimpiade Tokyo 2020: Melani Putri/Mutiara Rahma Putri Tempati Posisi Paling Buncit

"Persaingan di kancah Olimpiade sangat keras. Tadinya, Melani/Mutiara sudah berusaha untuk menembus peringkat ketiga sehingga bisa bertarung di Final B Lightweight Double Sculls (LWX2),” kata Muhammad Hedris dalam keterangan pers yang diterima MNC Portal Indonesia, Minggu (25/7/2021).

“Tetapi, mereka hanya mampu menempati peringkat keenam dan sehingga masuk kelompok Final C untuk memperebutkan peringkat 13 hingga 18," lanjutnya.

Di sisi lain, Melani/Mutiara memaparkan alasan mengapa tertinggal cukup jauh dari pedayung lainnya di perlombaan sebelumnya. Faktor angin disebu cukup menghambat penampilan mereka di pertengahan lomba.

"Kami sudah berusaha semaksimal. Mungkin, tadi anginnya cukup kencang di 1.000 meter terakhir. Jadi, itu memengaruhi perlombaan kita. Ini menjadi pengalaman berharga, bisa tampil di event besar Olimpiade. Kami akan berusaha untuk bisa tampil lebih baik lagi ke depannya," jelas Melani.

Melani Putri/Mutiara Rahma Putri

Di akhir, sang pelatih berharap penampilan all out dari pasangan andalan Indonesia ini di laga Final C. Hadris menargetkan Melani/Mutiara dapat melaju ke babak 16 besar.

"Saya sudah memompa semangat Melani/Mutiara untuk tampil all out. Minimal mereka harus bisa masuk 16 besar kalau bisa di bawahnya lebih baik lagi," kata Hadris.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini