Rio Waida Jadi Pembawa Bendera Merah Putih pada Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020

Agregasi Solopos, Jurnalis · Rabu 21 Juli 2021 08:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 21 43 2443564 rio-waida-jadi-pembawa-bendera-merah-putih-pada-pembukaan-olimpiade-tokyo-2020-FubkYYf5Kk.JPG Rio Waida menjadi satu-satunya peselancar Indonesia yang pasti tampil di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto/Instargam Rio Waida)

BADUNG - Atlet Rio Waida akan membawa bendera Merah Putih pada acara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020. Rio Waida merupakan salah satu atlet Indonesia yang beralaga di ajang akbar tersebut di cabang selancar.

Olimpiade Tokyo 2020 sebelumnya sempat ditunda setahun lalu karena pandemic Covid-19. Ajang terbesar olahraga itu akan dimulai pada 23 Juli-8 Agustus 2021 mendatang.

Foto/Antara

Rio mengaku sangat senang dipercaya membawa bendera Merah Putih. Namun, dia juga mengakui gugup dan meminta doa dari masyarakat agar tampil baik di Olimpiade Tokyo 2020.

Baca juga: Jelang Olimpiade Tokyo 2020, Marcus Gideon Ungkap Kesan Pertamanya di Kampung Atlet

“Saya sangat senang jadi pembawa bendera. Saya akan berdiri paling depan, jadi gugup tapi excited juga,” ujarnya.

Baca juga: Rombongan Kedua Susul Kontingen Indonesia ke Olimpiade Tokyo 2020

Pada Olimpiade Tokyo 2020, tim surfing Indonesia mengirimkan dua orang atletnya yaitu Rio Waida yang telah dinyatakan lolos kualifikasi serta I Ketut Agus Aditya Putra sebagai atlet alternate atau atlet pengganti yang memiliki kemungkinan berlaga apabila ada atlet lain yang telah lolos kualifikasi namun tidak dapat bertanding karena sakit atau mengalami cedera.

"Sebentar lagi sudah akan berangkat menuju Olimpiade, pagi saya latihan di pantai dan sore latihan di gym. Saya harus tetap fokus dalam latihan dan fokus juga agar tidak mengalami cedera," kata Rio Waida menambahkan.

Rio menambahkan, untuk persiapan dirinya akan fokus untuk berlatih di ombak yang kecil karena nantinya diperkirakan ombak yang ada di perairan Jepang saat Olimpiade akan memiliki karakter yang kecil dan pendek.

"Kesulitan ombak kecil itu biasanya bagi peselancar gerakannya nanti tidak semudah di ombak yang besar karena ombaknya tidak ada tenaga," katanya menegaskan.

Foto/Instagram

Meski tantangan yang dihadapi bakal tidak mudah, Rio Waida menegaskan pada kejuaraan olahraga multi event terbesar di dunia itu dirinya berharap mampu memberikan yang terbaik dan menyumbangkan medali bagi kontingen Indonesia.

"Targetnya tentu saja emas. Persaingan memang ketat, semua atletnya bagus. Tapi saya optimis dan fokus terhadap persiapan diri saya sendiri," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini