5 Calon Juara MotoGP 2021 hingga Paruh Musim, Marc Marquez Masuk Daftar?

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 06 Juli 2021 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 06 38 2436221 5-calon-juara-motogp-2021-hingga-paruh-musim-marc-marquez-masuk-daftar-74SQsNAF7i.jpg Bagnaia, Quartararo, dan Zarco jadi kandidat kuat peraih gelar juara MotoGP 2021. (Foto: MotoGP)

MOTOGP 2021 telah memasuki paruh musim, di mana seri Belanda menjadi balapan terakhir di paruh pertama kompetisi tersebut. Tentunya posisi di paruh pertama musim bisa menentukan siapa yang bakal keluar menjadi pemenang di akhir nanti.

Lantas siapa saja pembalap tersebut? Apa sang juara dunia delapan kali, Marc Marquez, masuk ke dalam daftar calon kuat juara MotoGP 2021? Untuk Marquez tampaknya agak sulit karena saat ini rider berjuluk The Baby Alien itu tengah berada di urutan ke-10 dalam klasemen sementara pembalap MotoGOP 2021.

Jika bukan Marquez, lalu siapa saja lima pembalap yang paling berpeluang menjuarai MotoGP 2021?

Berikut Lima Calon Juara MotoGP 2021 hingga Paruh Musim:

5. Jack Miller (Ducati Lenovo)

Jack Miller

Jack Miller layak masuk ke dalam lima calon juara MotoGP 2021 lantaran di paruh musim ini ia tengah bertengger di posisi kelima. Sejauh ini Miller pun sudah mencatatkan tiga podium, yang mana dua di antaranya berhasil ia menangkan.

MotoGP 2021 sendiri adalah tahun pertamanya berada di tim pabrikan Ducati. Dalam tahun pertamanya itu, Miller bisa dikatakan tampil cukup menjanjikan, namun hasil akhir selalu kurang maksimal.

4. Joan Mir (Suzuki Ecstar)

Joan Mir

Joan Mir awalnya dijagokan di MotoGP 2021. Hal itu karena statusnya sebagai juara bertahan. Keberhasilan Mir dalam menjuarai MotoGP 2020 dirasa sanggup mengantarkan rider asal Spanyol tersebut untuk kembali unjuk gigi di musim ini.

Kendati begitu, Mir justru agak melempem di paruh pertama MotoGP 2021. Rekan setim Alex Rins tersebut tercatat hanya baru tiga kali naik podium, itu pun hanya bisa berada di urutan ketiga saja. Mir kesulitan untuk tampil konsisten seperti yang diperlihatkannya di MotoGP 2020 hingga membuatnya harus puas berada di urutan keempat pada klasemen MotoGP 2021.

3. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)

Francesco Bagnaia

Semenjak naik ke kelas MotoGP pada 2019, Bagnaia bisa dikatakan tampil kurang menjanjikan bersama Pramac Ducati. Kendati begitu, ketika sudah berpindah ke tim pabrikan Ducati pada musim 2021 ini, Bagnaia justru tampil luar biasa.

Dari sembilan balapan yang sudah dilakoni Bagnaia, rider asal Italia tersebut sudah merasakan dua kali finis sebagai runner-up dan satu lagi finis di posisi ketiga. Jadi, Bagnaia tercatat sudah tiga kali naik podium. Itu merupakan pencapaian terbaiknya selama berada di kelas MotoGP dan kini Bagnaia tengah berada di posisi ketiga pada klasemen MotoGP 2021.

2. Johann Zarco (Pramac Ducati)

Johann Zarco

Johaan Zarco memberikan kejutan dengan tampil luar biasa di sembilan balapan MotoGP 2021. Meski belum memenangkan satu pun balapan, Zarco setidaknya sanggup finis sebagai runner-up sebanyak empat kali.

Hal itu lantas membuat Zarco kini bertengger di posisi kedua dan hanya terpaut 34 poin saja dengan pembalap peringkat pertama yang saat ini dikuasai oleh Zarco. Jika Zarco, dapat bangkit di paruh kedua MotoGP 2021, maka bukan tidak mungkin Zarco dapat menyalip Quartararo dalam perebutan gelar juara kompetisi tersebut.

1. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha)

Fabio Quartararo

Semenjak tampil di MotoGP pada musim 2019 yang lalu, Quartararo sudah dianggap sebagai penantang terkuat Marquez dalam perebutan gelar juara. Pada 2020 yang lalu, Quartararo berkesempatan meraih gelar juara bersama Petronas Yamaha SRT, namun ia nyatanya kalah dengan Joan Mir.

Setelah pada MotoGP 2021 Quartararo pindah ke tim pabrikan Yamaha, rider asal Prancis itu pun terlihat semakin tak terbendung. Sejauh ini El Diablo sudah memenangkan empat balapan dan dua lagi finis di posisi ketiga.

Berkat penampilan apik Quartararo itu, ia lantas tengah menikmati posisi pertama dengan total perolehan 156 poin. Jika Quartararo dapat konsisten, maka jelas rekan setim Maverick Vinales itu bisa keluar menjadi juara baru di MotoGP.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini