Menpora Zainudin Amali: Papua Siap Menyelenggarakan PON XX

Cikal Bintang, Jurnalis · Kamis 24 Juni 2021 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 43 2430296 menpora-zainudin-amali-papua-siap-menyelenggarakan-pon-xx-5CJ5RWxRSX.jpg Menpora Zainudin Amali. (Foto/Kemenpora)

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mengungkapkan bahwa Papua sudah siap untuk menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang dijadwalkan terselenggara pada Oktober mendatang. Hal itu disampaikannya setelah bertemu Presiden Joko Widodo.

Zainudin memaparkan persiapan PON XX Papua 2021 saat Diskusi Media bertajuk “Mengintip Persiapan PON XX Papua” yang diselenggarakan oleh Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) secara virtual, Kamis, (24/6/2021) siang WIB. Ia menegaskan persiapan baik fisik maupun non-fisik sudah terkoordinasi dengan baik.

Foto/MPI

Zainudin menjelaskan persiapan fisik dapat terlihat dari venue, tempat penginapan, sarana prasarana, dan lain-lain. Di sisi lain, persiapan non-fisik berbentuk komunikasi dan koordinasi antara Pemerintah Pusat dan Daerah serta pihak-pihak yang bersangkutan dalam gelaran tersebut.

Baca juga: Ini Alasan PB PON Tunjuk Nagita Slavina Jadi Ikon PON Papua XX 2021

"Persiapan venue, persiapan tempat penginapan, kemudian transportasi dan berbagai hal itu saya kira sudah berjalan. Mana yang menjadi tanggung jawab pemerintah pusat melalui pendanaan APBN. Baik di Kemenpora maupun Kementerian PUPR, Kemkominfo, kemudian Kementerian Perhubungan dan lain-lain, saya kira itu sudah terkoordinasi dengan baik," kata Zainudin.

Baca juga: Buku Panduan Teknis PON Papua Dipublikasikan

Selain itu, ia juga mengungkapkan peran penting pemerintah daerah yang hingga saat ini sudah terlaksana dengan baik. Pihaknya telah berkoordinasi dengan otoritas Papua perihal penyelenggaraan PON XX Papua di daerah tersebut.

"Setelah kami memaparkan persiapan, kemudian Bapak Jokowi (Presiden RI) bertanya kepada Lukas Enembe (Gubernur Papua). Pak Gubernur bagaimana? Sangat singkat jawaban Pak Gubernur waktu itu bahwa Papua siap menyelenggarakan PON 2021," kata Zainudin menirukan jawaban Lukas Enembe.

Sebelumnya, Zainudin Amali, memberikan jawaban soal rumor bahwa perhelatan PON XX Papua kembali diundur. Menpora Amali menegaskan bahwa gelaran PON XX Papua bakal berlangsung sesuai jadwal pada 2-16 Oktober 2021 di Papua.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini