Miliki Persiapan yang Matang, Ketum KOI Yakin Olimpiade Jepang 2020 Berjalan Mulus

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Kamis 24 Juni 2021 04:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 43 2430037 miliki-persiapan-yang-matang-ketum-koi-yakin-olimpiade-jepang-2020-berjalan-mulus-I6tZEDEJyd.jpg Ketum KOI, Raja Sapta Oktohari. (Foto: ANTARA/Bayu Kuncahyo)

JAKARTA – Ketua Umum (Ketum) Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, yakin Jepang bakal menyelenggarakan Olimpiade Tokyo 2020 pada 23 Juli 2021 mendatang dengan mulus. Ia percaya akan hal itu karena sudah melihat sendiri matangnya persiapan yang sudah dilakukan Negeri Sakura tersebut.

Dengan segala persiapan yang sudah dilakukan Jepang untuk menyambut pesta olahraga terbesar di dunia tersebut, Raja pun tak takut melepaskan atlet-atlet Tanah Air ke Tokyo. Meski memang di Jepang sendiri masih ada masalah terkait pandemi virus corona, Raja tetap percaya negara tersebut bisa melaluinya dengan baik.

Raja menyebutkan Jepang menjanjikan protokol super ketat untuk menjaga kesehatan para atlet yang akan segera tiba di Tokyo. Tak hanya masalah protokol kesehatan saja, hal-hal lain yang menunjang fasilitas para atlet pun sudah disediakan.

Baca Juga: Kabar Baik! Indonesia Tambah 1 Wakil di Olimpiade Tokyo 2020 dari Cabang Olahraga Panahan 

Ketum KOI, Raja Sapta Oktohari

“Terlepas dari isu yang beredar, NOC Indonesia (KOI) percaya Tokyo mampu menyelenggarakan Olimpiade extraordinary ini dengan baik. Ketatnya prosedur prokes yang diberlakukan membuat kami tak pernah ragu mengirimkan atlet ke Olimpiade,” ungkap Raja, dalam laporan yang diterima MNC Portal Indonesia, Rabu (23/6/2021).

Olimpiade Tokyo 2020 pun kini tinggal kurang lebih sebulan lagi. Jepang terus menggenjot segala persiapan termasuk lokasi di mana para atlet tinggal. Menurut data yang sudah diterima oleh pihak KOI, Kampung Atlet benar-benar sudah diberikan segala fasilitas yang dapat memanjakan para pejuang olahraga.

Lalu untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, Panitia Penyelenggara (TOCOG) juga menyediakan Fever Clinic yang didedikasikan untuk atlet-atlet yang memiliki gejala serta didiagnosis positif. Area ini juga diperuntukkan bagi orang-orang yang melakukan kontak erat.

“Tokyo mengantisipasi segala kemungkinan. Atlet kita juga semua dalam kondisi baik. Perlu diingat juga, semua Kontingen Indonesia sudah vaksin. Insya Allah semua persiapan atlet Indonesia dalam kondisi baik sehingga mereka bisa berjuang maksimal bagi Merah Putih dan mempersembahkan medali bagi Indonesia,” sambung Raja Sapta Oktohari.

Sejauh ini, Indonesia sudah memiliki 28 atlet yang akan berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. Cabang olaharaga (cabor) bulu tangkis pun menjadi yang paling banyak menyumbang dengan mengirimkan 11 atlet.

Maskot Olimpiade Tokyo 2020

Indonesia tepatnya sudah memastikan 28 atlet yang akan berkompetisi di delapan cabor, yaitu bulu tangkis (11), atletik (2), panahan (4), menembak (1), rowing (2), angkat besi (5), surfing (1), dan renang (2).

Menurut laporan dari Chief de Mission (CdM), Rosan P Roeslani, tim Indonesia sudah benar-benar siap untuk menyambut Olimpaide Tokyo 2020. Rosan menjelaskan persiapan para atlet berjalan lancar. Menurutnya atlet Indonesia sudah memasuki persiapan khusus, baik di dalam negeri dan di luar negeri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini