Markis Kido Meninggal Dunia, Pernah Raih Medali Emas Olimpiade 2008

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 14 Juni 2021 20:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 14 40 2425090 markis-kido-meninggal-dunia-pernah-raih-medali-emas-olimpiade-2008-fbfl0Bofff.jpg Markis Kido rebut medali emas Olimpiade 2008. (Foto: REUTERS)

JAKARTA – Pebulu tangkis legenda Indonesia, Markis Kido, meninggal dunia pada Senin (14/6/2021) malam WIB. Kabar itu disampaikan Hubungan Masyarakat (Humas) PBSI, Deri, dalam pesan singkat kepada Okezone.

“Iya betul,” saat ditanya Okezone perihal kabar di atas,

Selain itu, akun Twitter resmi PBSI, @INABadminton, juga mengabarkan hal yang sama.

Markis Kido

“Telah meninggal dunia salah satu pahlawan bulutangkis Indonesia, peraih emas Olimpiade Beijing 2008, Markis Kido. Semoga almarhum mendapat tempat terbaik di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. Selamat jalan Kido!,” tulis akun Twitter resmi PBSI.

Markis Kido merupakan salah satu pebulu tangkis terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Pemain yang biasa turun di nomor ganda putra ini meraih prestasi tertingginya pada 2008.

Tampil bersama Hendra Setiawan, Markis Kido memenangkan medali emas Olimpiade 2008. Sebelum tampil di partai final, Kido/Hendra tidak mendapat perlawanan berarti dari lawan-lawan yang dihadapi. Bahkan jagoan Malaysia saat itu, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong dikalahkan mereka dengan straight set langsung 21-16 dan 21-18 di perempatfinal.

BACA JUGA: Breaking News: Legenda Bulu Tangkis Indonesia Markis Kido Meninggal Dunia

Di semifinal, Kido/Hendra menumbangkan jagoan Denmark yakni Lars Paaske/Jonas Rasmussen dengan skor 21-19 dan 21-17. Lawan berat akhirnya dihadapi Kido/Hendra di partai puncak, di mana mereka harus berhadapan dengan jagoan tuan rumah: Cai Yun/Fu Haifeng.

Meski memiliki rekor pertemuan yang tidak terlalu bagus kontra Cai Yun/Fu Haifeng saat itu, Kido/Hendra tampil lepas. Meski kalah 12-21 di set pertama, Kido dan Hendra menang di set kedua serta ketiga dengan skor 21-11 dan 21-16.

Markis Kido

Selain menahan serangan Cai/Fu, Kido/Hendra juga mampu mematikan fans tuan rumah yang sepanjang pertandingan tiada henti memberikan dukungan. Kemenangan itu membuat Kido/Hendra berhasil meneruskan tradisi emas bulu tangkis Indonesia yang sudah berlangsung sejak Olimpiade 1992.

Selamat jalan Markis Kido, sumbangsih Anda untuk dunia bulu tangkis internasional takkan pernah terlupa!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini