Alex Marquez Ungkap Hal Aneh saat Tahu Ada Pembalap Moto3 yang Meninggal

Ezha Herdanu, Jurnalis · Rabu 02 Juni 2021 18:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 02 38 2419064 alex-marquez-ungkap-hal-aneh-saat-tahu-ada-pembalap-moto3-yang-meninggal-OIjHzDYjIs.jpg Alex Marquez (Foto: motogp.com)

ANDORRA – Pembalap Tim LCR Honda, Alex Marquez, mengungkapkan terdapat hal aneh saat para pembalap MotoGP mendapatkan kabar meninggalnya rider Moto3, Jason Dupasquier. Ya, Alex mengatakan Dorna tak bertanya kepada para pembalap mengenai perasaan mereka, sebelum memutuskan balapan di MotoGP Italia 2021 tetap berlanjut.

Sebagaimana diketahui, Dupasquier mengalami sebuah insiden ketika menjalani Kualifikasi 2 Moto3 Italia 2021 di Sirkuit Mugello. Ya, Dupasquier terlibat senggolan dengan rider Tim Red Bull KTM Tech 3, Ayumu Sasaki, serta Indonesian Racing Team Gresini, Jeremy Alcoba, di Tikungan 9.

Jason Dupasquier

Gara-gara insiden itu, Sasaki dan Alcoba mengalami cedera parah. Sementara Dupasquier tidak sadarkan diri sehingga harus ditangani oleh petugas medis dan staf medis sirkuit. Setelah 45 menit dievakuasi oleh petugas medis, Dupasquier pun dilarikan ke Rumah Sakit untuk mendapatkan penanganan lebi lanjut.

Dari hasil pemeriksaan di Rumah Sakit Careggi di Florensia, pembalap berusia 19 tahun itu dinyatakan mengalami mengalami politrauma di bagian kepala, dada, dan perut. Situasi itu membuat Dupasquier harus menjalani dua kali operasi, namun nyawanya tak tertolong.

Baca Juga: Jangan Khawatir, Marc Marquez Akan Kembali seperti Semula

Meski terdapat pembalap yang meninggal dunia, Dorna selaku penyelengara MotoGP tetap memutuskan balapan di Sirkuit Mugello berjalan sesuai jadwal. Hal tersebut pun lantas membuat Dorna ramai-ramai dikritik oleh para pembalap.

Alex juga mengungkapkan bahwa pihak Dorna tidak melakukan hal yang biasa dilakukan mereka saat ada pembalap mengalami insiden, yakni menanyakan perasaan rider lain. Alex merasa aneh dengan kebijakan Dorna tersebut.

“Pada kesempatan lain, pembalap dan tim biasanya ditanya. Kali ini saya tak ditanya soal apa pun. Sungguh tak biasa, dan rasanya sangat berat. Situasinya tak ditangani dengan cara terbaik,” jelas Alex, sebagaimana dirangkum dari Marca, Rabu (2/6/2021).

“Tetap balapan demi Jason adalah hal terbaik yang bisa kami lakukan, tapi keputusan kan tak ada di tangan saya. Rasanya aneh dan perasaan kami kontradiktif akibat cara mereka menangani situasi. Saya ingin berprasangka baik bahwa keluarga Jason telah diberitahu,” lanjutnya.

“Itu satu-satunya hal saya pikirkan. Semoga panitia telah berdiskusi dengan mereka sebelum akhirnya memutuskan tetap balapan. Semua terjadi begitu cepat, dan tak mudah ditangani. Saya bisa memaklumi posisi Dorna.”

Alex Marquez

“Akan tetapi, perihal ini tampaknya akan kami diskusikan di rapat Safety Commission. Sesi mengheningkan cipta memang harus dilakukan, namun tak mudah bagi pembalap untuk berada di grid, walau hidup harus tetap berjalan.”

Baca Juga: Kasihan, sang Adik Ungkap Derita Marc Marquez di MotoGP 2021

“Jason mungkin bakal ingin kami tetap balapan seperti biasa, mengingat balapan adalah hal yang ia cintai. Kami hanya coba memastikan tampil sebaik mungkin. Namun, bagi kami memang sangat berat,” tuntas adik kandung dari Marc Marquez tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini