Menangi MotoGP Italia 2021, Quartararo Akhiri Kejayaan Ducati di Mugello

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 31 Mei 2021 00:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 30 38 2417650 menangi-motogp-italia-2021-quartararo-akhiri-kejayaan-ducati-di-mugello-pEG8FOwEyk.jpg Fabio Quartararo (Foto: Laman resmi MotoGP)

MUGELLO – Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, kembali menunjukkan ketangguhannya di MotoGP 2021. Kali ini, ia tampil sebagai pemenang di MotoGP Italia, di Sirkuit Mugello, Minggu 30 Mei 2021 malam WIB.

Kemenangan ini pun terasa spesial karena Quartararo kembali merasakan kemenangan setelah sempat terhenti di seri keempat. Lebih spesialnya lagi, pembalap berusia 22 tahun itu berhasil menghentikan dominasi Ducati yang berjaya sejak 2017-2019.

Fabio Quartararo

Sebelum balapan, para pembalap Ducati memang difavoritkan untuk meraih kemenangan di Sirkuit Mugello. Sebab berbicara soal tren, rider Ducati tidak pernah absen untuk memenangi balapan sejak 2017.

Baca juga Pembalap Moto3 Meninggal, Quartararo Merasa Tak Nyaman Menangi MotoGP Italia

Pada 2017, Ducati tampil sebagai pemenang lewat Andrea Dovizioso. Lalu pada 2018 ada nama Jorge Lorenzo yang melanjutkan tren positif Ducati. Setahun berikutnya ada Danilo Petrucci yang membawa Ducati meraih kejayaan di Mugello.

Baca juga Hasil Race MotoGP Italia 2021: Fabio Quartararo Menang, Valentino Rossi Tembus 10 Besar

Tetapi, pada musim ini, Quartararo berhasil mematahkan rentetan apik Ducati tersebut. Bahkan ia kembali membangkitkan kejayaan Yamaha yang pernah memenangi balapan di Mugello pada 2011-2013 dan 2015-2016 lewat satu nama Jorge Lorenzo.

Quartararo sendiri sejatinya mendapat perlawanan sengit pada awal balapan. Hal ini tidak lain datang dari pembalap Ducati yakni Francesco Bagnaia. Apalagi, pada putaran pertama, Bagnaia berhasil mengambil alih pimpinan.

Tetapi, keberuntungan seakan berpihak kepada Quartararo karena di putaran kedua, Bagnaia tiba-tiba terjatuh. Situasi ini dimanfaatkan dengan baik oleh rekan setim Maverick Vinales tersebut untuk melaju jauh.

Meski sempat ada perlawanan dari pembalap Ducati lainnya yakni Johann Zarco, tetapi Quartararo tetap melaju mulus. Bahkan ia tampil sangat dominan dengan tidak terkejar oleh pembalap lain hingga menyentuh garis finis.

Fabio Quartararo

Ini jelas menjadi momen buruk bagi Ducati. Sebab, lebih tragisnya lagi, tak ada satu pun pembalap Ducati yang naik podium di MotoGP Italia 2021. Podium kedua ditempati Miguel Oliveira (KTM) dan Joan Mir (Suzuki Ecstar).

Sayangnya, momen kemenangan Quartararo sedikit kurang mengenakkan karena adanya berita duka. Pembalap Moto3 yakni Jason Dupasquier dinyatakan meninggal dunia setelah mengalai kecelakaan di sesi kualifikasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini