Dewa Kipas Takluk dari WGM Irene, Apakah Levelnya Ada di Tingkat RT/RW?

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 23 Maret 2021 07:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 23 43 2382361 dewa-kipas-takluk-dari-wgm-irene-apakah-levelnya-ada-di-tingkat-rt-rw-wdomsEew0M.jpg Dewa Kipas alias Dadang Subur (Foto: Istimewa)

TANGERANG – Dewa Kipas alias Dadang Subur pada akhirnya harus mengakui kekalahannya saat bertanding catur melawan Women Grand Master (WGM) Irene Kharisma Sukandar. Bisa dibilang Irene bahkan membuat Dewa Kipas tak berdaya karena memenangkan duel selama tiga ronde beruntun.

Nama Dewa Kipas sejatinya telah menjadi perbincangan hangat di media sosial selama sepekan terakhir. Polemik dimulai setelah Dewa Kipas mengalahkan pecatur dunia, GothamChess alias Levy Rozman, di platform catur online Chess.com.

Baca juga: Dewa Kipas Tanding Lawan WGM Irene, Meme Kocak Berseliweran di Dunia Maya

GothamChess menuding Dewa Kipas melakukan kecurangan saat bertanding. Tidak hanya itu, akun Dadang Subur di Chess.com yang menggunakan nama Dewa Kipas pun diblokir karena dituding telah bermain curang.

Dewa Kipas di podcast Deddy Corbuzier

Penilaian Chess.com tersebut juga didukung oleh para pecatur dunia, termasuk para pecatur Indonesia seperti Irene Kharisma Sukandar dan Heri Darmanto. Maka dari itu, untuk melihat level Dadang Subur yang sebenarnya, diadakan pertarungan melawan WGM Irene.

Baca juga: GothamChess Sebut Dewa Kipas Tak Mau Akui Kebenaran meski Sudah Kalah

Pertandingan tersebut dikomentari langsung oleh Grand Master (GM), Susanto Megantoro, dan Women International Master, Chelsie Monica. Melihat tiga kekalahan beruntun yang didapat Dewa Kipas dan sejumlah kesalahan yang dilakukan, GM Susanto dan Chelsie sepakat bahwa level Dadang Subur masih di bawah WGM Irene.

“Kalau secara level, Irene jelas lebih di atas. Tapi kalau secara rating, tidak bisa juga jadi patokan. Misalnya kayak saya, yang 2500, tapi bisa saja saya kalah sama yang 2300, bisa kalah. Kalau saya nilai, sekitar rating, ya sekitar di 2100," ujar GM Susanto dalam Podcast Deddy Corbuzier.

Meski begitu, GM Susanto juga mengakui bahwa Dewa Kipas memang memiliki kemampuan dalam bermain catur. Hanya saja, jika dibandingkan dengan WGM Irene, ia menilai Dadang Subur masih tertinggal jauh.

"Kalau kelas ronda gak juga sih. Di atas itu. Secara permainan lumayan, ya lumayan, tapi tidak cukup untuk melawan Irene. Tidak cukup bangetlah kalau lawan irene, terlalu jauh, masih jauh," jelasnya.

Dewa Kipas vs WGM Irene

Deddy Corbuzier sempat menanyakan apakah tingkat permainan Dadang Subur berada di level RT/RW. Untuk hal ini, Chelsie berpendapat bahwa permainan Dewa Kipas sudah berada di atas itu. Hanya saja, memang belum sebanding dengan WGM Irene.

"Gak lah (bukan RT/RW). Di atas itu (levelnya)," ujar Chelsie singkat seraya tertawa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini