Share

Hari Penentuan, Ini Skema 4 Wakil Indonesia Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals

Bagas Abdiel, Jurnalis · Jum'at 29 Januari 2021 07:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 29 40 2352686 hari-penentuan-ini-skema-4-wakil-indonesia-lolos-ke-semifinal-bwf-world-tour-finals-nXZF0l6rXB.jpg Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Foto: Badminton Photo)

BANGKOK – Sejumlah wakil Indonesia akan menjalani laga penentuan di hari terakhir fase grup BWF World Tour Finals 2020. Ada empat wakil Tanah Air yang akan berjuang pada hari ini (29/1/2021) untuk memperebutkan tiket lolos ke semifinal.

Keempat wakil tersebut adalah ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu, dan dua ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.

Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Sejauh ini, empat wakil tersebut memang belum memastikan lolos dari fase grup. Akan tetapi, mereka juga masih berpeluang untuk melaju ke semifinal. Sementara satu wakil Indonesia di tunggal putra yakni Anthony Sinisuka Ginting sudah dipastikan tersingkir.

Lalu bagaimana dengan skema empat wakil Indonesia untuk lolos ke semifinal BWF World Tour Finals 2020? Peluang paling besar dimiliki ganda putri Greysia/Apriyani yang sejatinya telah mengemas dua kemenangan.

Meski dua kemenangan sudah modal yang sangat apik, tetapi langkah mereka belum bisa dipastikan lolos. Untuk memastikannya mereka harus memenangkan laga kontra Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean. Berapa pun set atau skor yang diperoleh, Greysia/Apriyani akan lolos dan memiliki status juara Grup A.

Baca juga Bungkam Wakil Inggris, Praveen/Melati Buktikan Diri Masih Layak Lolos ke Semifinal

Namun, jika Greysia/Apriyani menelan kekalahan dari Chow/Lee, mereka harus takluk dalam pertarungan tiga set. Dengan hasil tersebut, sudah cukup bagi pasangan unggulan pertama tersebut untuk lolos. Andai mereka kalah dengan dua set, harapan masih tetap ada.

Tetapi, hal ini akan bergantung pada laga lainnya di Grup A yang mempertemukan Lee So Hee/Shin Seung Chan asal Korea Selatan dan Vivian Hoo/Yap Cheng Wen asal Malaysia). Jika Greysia/Apriyani ingin lolos, tetapi kalah dua set dari Chow/Lee, maka Lee/Shin juga harus ikut tumbang dari Hoo/Yap.

Berikutnya, ganda campuran Praveen/Melati juga wajib memenangi laga pamungkas kontra Seo Seung Jae/Chae Yujung asal Korea Selatan untuk mendapatkan tiket lolos. Jika kalah, mereka akan bergantung dengan Marcus Ellis/Lauren Smith. Wakil Inggris itu akan menolong Praveen/Melati jika memenangi laga kontra Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai asal Thailand.

Sementara, ganda putra Ahsan/Hendra juga wajib memenangkan laga kontra Aaron Chia/Soh Wooi Yik asal Malaysia. Ini menjadi harga mati jika pasangan peringkat dua itu masih ingin melanjutkan langkahnya lolos ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2020.

Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja

Hal ini juga akan dialami ganda campuran Hafiz/Gloria. Mereka akan lolos ke semifinal jika berhasil menumbangkan Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie asal Malaysia. Ini menjadi harga mutlak, dan tidak ada opsi lainnya.

Karena itu, pada laga pamungkas ini keempat wakil Indonesia wajib memenangkan pertandingan jika ingin lolos. Sebuah kemenangan akan memastikan mereka melangkah maju ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini