Peserta Australia Open 2021 yang Positif Covid-19 Bertambah 3 Orang

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 20 Januari 2021 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 40 2347551 peserta-australia-open-2021-yang-positif-covid-19-bertambah-3-orang-5pJbBKSswF.jpg Australia Open. (Foto: Reuters)

MELBOURNE – Jumlah peserta yang positif terpapar virus corona di gelaran Australia Open 2021 bertambah. Ada tiga kasus baru yang dilaporkan pihak penyelenggara sehingga total kini sudah ada 10 orang yang positif terpapar virus Covid-19.

Tambahan tiga kasus positif virus corona ini diketahui lewat tes yang dijalani para peserta. Kepala Kepolisian negara bagian Victoria, Lisa Neville, mengonfirmasi kasus baru tersebut pada Rabu (20/1/2021).

Penyelenggaraan Australia Open tahun lalu

Neville mengatakan pihak berwenang sangat yakin salah satu dari kasus baru ini terjadi karena penularan virus dari pemain yang sebelumnya terpapar. Dalam tiga kasus baru ini sendiri, dua orang yang terinfeksi merupakan pemain, sementara satu lainnya adalah tim ofisial.

BCA JUGA: Andy Murray Berpeluang Batal Tampil di Australia Open 2021, Pihak Penyelenggara Sesalkan

Dengan adanya tiga kasus baru ini, total sudah 10 peserta yang dinyatakan positif terpapar virus Covid-19. Sementara itu, 72 pemain dan rombongan yang berada di pesawat yang sama dengan orang-orang yang terpapar itu kini masih tetap menjalani isolasi mandiri yang ketat di kamar hotel.

Mereka diketahui berangkat menggunakan tiga pesawat sewaan dari Doha, Abu Dhabi, dan Los Angeles. Pihak Federasi Tenis Australia sendiri menolak memberi daftar 72 pemain yang terkena dampak dari kasus tersebut.

Direktur Australia Open, Craig Tiley, mengatakan 3.200 tes telah dilakukan terhadap lebih dari 1.200 pemain, staf pendukung, dan ofisial turnamen. Sejauh ini, kasusnya pun dinilai masih cukup rendah.

"Kami berada di hari keenam dan sejauh ini jumlahnya (kasus positif Covid-19) sangat rendah," tutur Tiley kepada Australian Broadcasting Corp, sebagaimana dikutip dari The Telegraph, Rabu (20/1/2021).

Dalam menyelenggarakan turnamen tenis berlevel Grand Slam ini, dana besar memang harus digelontorkan. Untuk biaya karantina, pihak penyelenggara Australia Open yang dibantu pemerintah setempat mengeluarkan hingga Rp433 miliar.

Tak hanya menyiapkan tempat karantina, pihak penyelenggara juga memfasilitasi peserta dengan pesawat sewaan. Total, ada 17 penerbangan yang disediakan khusus oleh pihak Australia Open 2021 untuk para pesertanya. Ajang Australia Open 2021 sendiri diketahui akan berlangsung pada 8-21 Februari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini