Leo/Daniel Heran Kenapa Selalu Butuh 3 Set untuk Menang

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 19 Januari 2021 19:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 40 2347251 leo-daniel-heran-kenapa-selalu-butuh-3-set-untuk-menang-Ze3ryuEJEK.jpg Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin singkirkan pasangan Denmark (Foto: Badminton Photo)

BANGKOK – Pasangan ganda putra masa depan Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, berhasil melaju ke babak kedua ajang Toyota Thailand Open 2021. Namun, keduanya kembali harus melewati pertarungan tiga set, sama seperti pertandingan-pertandingan sebelumnya.

Thailand Open 2021 pekan lalu menjadi debut turnamen berlevel Super 1000 bagi pasangan Leo/Daniel. Hingga tahun lalu, keduanya masih berkutat di level junior dan turnamen di bawah Super 1000. Namun, mereka sama sekali tidak canggung di hadapan pemain-pemain berpengalaman.

Leo/Daniel bahkan menunjukkan potensi yang luar biasa. Keduanya sukses melangkah hingga babak Semifinal Yonex Thailand Open 2021. Kejutan Leo/Daniel baru terhenti di babak tersebut oleh pasangan asal Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong, yang kemudian keluar sebagai juara.

Baca juga: Leo/Daniel dan Greysia/Apriyani Kompak Melaju ke Babak Kedua Thailand Open 2021

Aksi Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

Kiprah apik tersebut coba dilanjutkan pada ajang Toyota Thailand Open 2021. Ada satu catatan menarik mengenai kiprah Leo/Daniel pada dua turnamen ini. Mereka selalu harus melewati pertarungan tiga babak ketika meraih kemenangan.

Uniknya lagi, Leo/Daniel selalu kehilangan set pertama. Tudingan pun mulai mengarah kepada Leo/Daniel. Mereka dianggap sengaja mengalah di set pertama demi membaca permainan lawan, untuk kemudian merebut dua set lainnya.

Hal itu lantas dibantah oleh Daniel Marthin. Pebulu tangkis berusia 19 tahun tersebut mengaku tidak tahu mengapa harus selalu menang dengan tiga set. Bukan taktik dari pasangan Leo/Daniel pula untuk selalu kalah pada gim pertama.

“Sungguh disayangkan bahwa di semua gim yang kami mainkan, kami selalu kalah pada set pertama. Namun, itu bukan bagian dari taktik kami. Kami hanya perlu tetap bermain dengan tenang dan terus meraih kemenangan, ujar Daniel Marthin, dilansir dari laman resmi BWF, Selasa (19/1/2021).

Pada babak pertama Toyota Thailand Open 2021, Leo/Daniel sukses menyisihkan wakil Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen. Seperti sudah disinggung, Leo/Daniel kalah pada set pertama dengan skor 17-21.

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin tampil mengejutkan

Kebetulan pula, permainan Leo/Daniel semakin menanjak di akhir set pertama dan berlanjut hingga gim kedua. Gim kedua sukses dimenangi dengan skor 21-15 hingga pertandingan harus diselesaikan lewat rubber game.

Di set penentuan ini, Leo/Daniel menunjukkan kematangan permainan mereka. Astrup/Rasmussen dipaksa banyak melakukan kesalahan, terutama pada poin-poin kritis. Alhasil, mereka melenggang ke babak kedua setelah mengunci set ketiga dengan skor 21-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini