Alexandra Asmasoebrata, si Cantik Kebanggaan Legenda Balap Alex Asmasoebrata

Ramdani Bur, Jurnalis · Sabtu 02 Januari 2021 08:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 02 43 2337573 alexandra-asmasoebrata-si-cantik-kebanggaan-legenda-balap-alex-asmasoebrata-j575oIjeeJ.jpg Alexandra Asmasoebrata, menurunkan bakat dari sang ayah, Alex Asmasoebrata. (Foto: Instagram/@alexandra.asma)

KABAR duka menerpa dunia balap Indonesia. Legenda balap Indonesia Alex Asmasoebrata meninggal dunia pada Sabtu (2/1/2020) pukul 00.15 WIB di RSCM Kencana Jakarta.

Nama Alex Asmasoebrata memang lekat dengan dunia balap Indonesia. Ia sudah menjadi pembalap mobil sejak usia muda. Prestasinya pun tidak main-main. Lelaki asal Sumedang, Jawa Barat, itu tercatat pernah menjadi juara nasional balap mobil.

Alex Asmasoebrata

(Alex Asmasoebrata meninggal dunia dini hari tadi)

Selain menyenangi balap mobil, almarhum juga berkecimpung di beberapa cabang olahraga, seperti tenis dan berkuda. Ia bahkan pernah menyandang status sebagai Ketua Harian Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PORDASI).

Hobi Alex Asmasoebrata di dunia otomotif pun menurun ke sang anak, Alexandra Asmasoebrata. Perempuan 32 tahun ini beberapa kali sempat mengharumkan nama Indonesia di dunia balap internasional.

Andra –sapaan akrab Alexandra– memulai kariernya sebagai pembalap di usia 12 tahun atau pada 2000. Kala itu, ia mentas sebagai pembalap Go Kart kelas 60 cc. Perempuan kelahiran 23 Mei 1988 itu pun keluar sebagai jawara ajang tersebut.

Alexandra Asmasoebrata

(Andra saat naik podium di Formula Renault Asia 2013)

BACA JUGA: Legenda Balap Indonesia Alex Asmasoebrata Meninggal Dunia

Setahun kemudian, Andra naik kelas atau membalap di kapasitas mesin yang lebih besar yakni 125 cc. Mentas di kelas 125 cc membuat Andra berkesempatan mentas di level Asia Tenggara (ASEAN). Mulai dari situlah, karier Andra terangkat.

Medio 2004, Alexandra Asmasoebrata mengikuti kualifikasi Formula BMW Scholarship pada tanggal 27 hingga 29 Februari 2004 di Spanyol. Dari sinilah, Alexandra Asmasoebrata tak hanya membalap di ajang Go Kart, namun juga Kejuaraan Formula Renault Asia.

Alexandra Asmasoebrata

(Andra saat menyaksikan balap F1 dari paddock)

Pada 2007 atau bertepatan dengan Hari Kartini 21 April 2007, Alexandra Asmasoebrata menerima penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI). Alexandra Asmasoebrata mendapatkan status itu karena serangkaian pencapaian yang ia cetak sebagai pembalap.

Alexandra Asmasoebrata juga tercatat sebagai pembalap perempuan pertama Indonesia hingga Asia yang mentas di ajang Formula. Selama karier balapnya, Alexandra Asmasoebrata pernah juara nasional Go Kart pada 2002 dan 2005. Ia juga menjadi kampiun China Formula Campus Asian Division pada 2005.

BACA JUGA: Alex Asmasoebrata Meninggal Dunia, Pembalap Alexandra Kenang Masa Kecil dengan sang Legenda

Setelah pensiun sebagai pembalap medio 2015, Alexandra Asmasoebrata sempat aktif sebagai komentator Formula One (F1) dan presenter olahraga. Saat ini, Alexandra Asmasoebrata berstatus sebagai istri dari keponakan Jusuf Kalla, Subhan Aksa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini