Share

Anastasia Russkikh, Bule Cantik Asal Rusia yang Pernah Jadi Pasangan Hendra Setiawan

Ezha Herdanu, Jurnalis · Sabtu 19 Desember 2020 05:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 18 40 2330454 anastasia-russkikh-bule-cantik-asal-rusia-yang-pernah-jadi-pasangan-hendra-setiawan-ohDlIuRUu9.jpg Anastasia Russkikh (Foto: Facebook Lovely Anastasia Russkikh)

BAGI para pecinta bulu tangkis Indonesia, nama Anastasia Russkikh memang sedikit tidak asing terdengar. Terlebih, Russkikh memang sempat berpasangan dengan Hendra Setiawan di nomor ganda campuran kala tampil pada ajang Indonesia Open 2010.

Russkikh memang sudah menekuni olahraga bulu tangkis sejak masih berusia anak-anak, dan bergabung dengan klub local di Rusia. Bahkan ketika masih berusia 9 tahun, Russkikh sudah berhasil menorehkan prestasi dalam sebuah kejuaaan yang berlangsung di Swedia. Dalam kejuaraan junior tersebut, Russkikh mampu menyabet gelar juara ketiga.

Berselang tujuh tahun atau tepatnya pada 1999, Russkikh pun kembali berhasil menunjukkan bakal menjadi pebulu tangis handal kala tampil di kejuaraan Eropa junior. Dalam ajang tersebut, Russkikh sendiri turun di dua nomor berbeda, yakni ganda putri dan ganda campuran.

Anastasia Russkikh

Di nomor ganda putri, Russkikh berhasil menyabet status runner-up. Sementara di nomor ganda campuran, Russkikh yang berpasangan dengan Alexey Vasiliev harus menyerah di babak semifinal dari pasangan Denmark, Mathias Boe dan Karina Sorensen. Meski begitu, Russkikh/Vasiliev tetap dihadiahi medali perunggu.

Dua tahun berselang, Russkikh kembali berpartisipasi dalam kejuaraan Eropa junior yang kini dilangsungkan di Polandia. Sama seperti sebelumnya, dalam kejuaraan ini Russkikh kembali tampil di nomor ganda putri serta ganda campuran. Russkikh sendiri berhasil menutup keikutsertaannya di kejuaraan Eropa junior 2001 dengan meraih medali perunggu di dua nomor tersebut.

Baca Juga: Adu Senyum Manis Gronya Somerville vs Melati Daeva, Siapa yang Paling Memikat?

Akan tetapi, perjalanan karier Russkikh untuk bisa menjadi pebulu tangkis profesional memang penuh dengan liku-liku. Terlebih dengan fakta bahwa bulu tangkis sendiri bukanlah olahraga digemari mayoritas masyarakat Rusia.

Meski begitu tidak membuat Russkikh merasa patang arang. Dengan berpasangan bersama pebulu tangkis putri asal Bulgaria, Petya Nedelcheva, Russkikh berhasil menjalani masa-masa emas dalam perjalanan karier profesionalnya.

Ya, duet Russkikh/Nadelcheva berhasil meraih gelar juara di turnamen BWF International Series. Pada 2007, Russkikh juga sempat keluar sebagai jawara kala tampil dalam turnamen BWF Grand Prix Belanda Open. Turun di nomor ganda putri bersama Ekaterina Ananina berhasil membungkam sesama pasangan Rusia, Valeria Sorokina/Nina Vislova.

Sedangkan 2010 menjadi tahun penuh kenangan bagi perjalanan karier Russkikh sebagai pebulu tangkis profeisonal. Pasalnya wanita yang kini berusia 37 tahun itu berkesempatan berpasangan dengan Hendra Setiawan, dan menjadi runner-up kala tampil di Indonesia Open 2010.

Anastasia Russkikh dan Hendra Setiawan

Selain itu, Russkikh juga berhasil menjadi runner-up kejuaraan bulu tangkis Eropa bersama tandem setianya, yakni Nadelcheva. Di partai final, Russkikh/Nadelcheva takluk oleh pesaing lamanya yang juga berasal dari Rusia, yakni Sorokina/Vislova.

Russkikh akhirnya memutuskan pensiun dini dari dunia bulu tangkis pada 2011 silam. Meski sudah pensiun, Russkikh sendiri tetap tidak bisa jauh dari olahraga digemarinya itu, dengan membuka sekolah bulu tangkis untuk mencari bibit unggul di negara asalnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini