Sederet Peraturan Aneh di Duel Mike Tyson vs Roy Jones Jr

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 43 2315441 sederet-peraturan-aneh-di-duel-mike-tyson-vs-roy-jones-jr-ZjCBtJ34md.jpg Mike Tyson. (Foto: Reuters)

LAS VEGAS – Duel Mike Tyson vs Roy Jones Jr di atas ring tinju pada akhir pekan ini sudah sangat dinantikan banyak pihak. Sayangnya, animo besar dari publik ini harus sedikit terganggu karena adanya aturan-aturan aneh yang diterapkan Komisi Atlet California (CSAC).

Mike Tyson memang akan comeback ke ring tinju usai pensiun pada 2005. Ia akan menjalani duel ekshibisi melawan Roy Jones Jr yang dimaksud untuk beramal. Duel ini akan digelar di Staples Center, Las Vegas, Amerika Serikat, pada Minggu 29 November 2020 pagi WIB.

Mike Tyson

Sayangnya, CSA menerapkan beberapa aturan yang membuat geleng kepala untuk duel ini. Setidaknya, ada dua peraturan yang terbilang aneh hingga membuat publik geleng-geleng kepala.

BACA JUGA: Adu Bayaran Duel Mike Tyson vs Roy Jones Jr dengan Khabib, Mana Lebih Besar?

Salah satunya adalah tak memberlakukan aturan knockout (KO). Aturan ini terbilang aneh karena para pentinju sendiri paling sering mendapatkan kemenangan dengan memukul KO lawannya.

CSAC sendiri berdalih bahwa aturan ini dibuat untuk melindungi keselamatan Tyson dan juga Jones. Pasalnya, usia kedua pemain diketahui sudah tak muda lagi. Tyson kini menginjak 54 tahun, sementara Jones 51 tahun.

“Pertarungan ini tidak boleh disamakan dengan pertarungan-pertarungan lain. Para petarung telah diberitahukan untuk tidak melampaui duel yang sengit. Petinju tidak boleh melakukan tinju KO demi menjaga intensitas pertarungan agar tetap terkendali,” ujar Direktur Eksekutif CSAC, Andy Foster, sebagaimana dikutip dari CBS Sports, Selasa (24/11/2020).

Selain itu, CSAC kembali mengumumkan aturan aneh lainnya. Kali ini, CSAC menyatakan tidak akan menggunakan jasa juri untuk menghitung poin. Dalam duel ini, juga tidak akan ada pengumuman pemenang.

Roy Jones Jr

Tetapi, poin tetap akan diberikan WBC yang dilakukan secara online. Ada tiga juri dari WBC yang akan memberi penilaian dari jarak jauh, yakni Chad Dawson, Christy Martin, dan Vinny Pazienza.

Sikap yang berbeda memang diambil CSAC dan WBC. CSAC memilih tak mengumumkan pemenang, tetapi WBC tetap akan menyampaikannya. Nantinya, pemenang akan diberikan sabuk khusus, frontline battle.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini