Marquez Bersaudara Tunjukkan Honda Adalah Motor yang Kompetitif

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 29 Oktober 2020 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 29 38 2301210 marquez-bersaudara-tunjukkan-honda-adalah-motor-yang-kompetitif-CtzMSg22Mi.jpg Pembalap Honda, Marc Marquez dan Alex Marquez (Foto: Okezone/Arif Juiyanto)

AALST – Marc Marquez bersama dengan Honda sejatinya telah mendominasi Kejuaraan Dunia MotoGP selama empat musim terakhir. Hal ini seolah membuktikan bahwa motor balap milik Honda adalah mesin yang kompetitif untuk memenangkan kejuaraan.

Meski begitu, pertanyaan mulai muncul begitu memasuki gelaran MotoGP 2020. Pasalnya, Honda yang selama ini bertarung untuk memperebutkan status juara, justru tampil melempem.

Banyak yang menduga hal ini terjadi karena Honda kehilangan Marc Marquez yang harus menepi akibat cedera. Sedangkan, para pembalap Honda lainnya tak ada yang bisa memaksimalkan potensi dari motor balap RC213V.

Baca juga: Casey Stoner: MotoGP 2020 Terasa Berbeda Tanpa Marquez

Marc Marquez

Honda pun disalahkan karena dianggap terlalu egois dengan membuat motor balap yang hanya cocok untuk Marquez. Sehingga, kini ketika The Baby Alien absen, tak ada pembalap Honda lainnya yang mampu meraih hasil bagus.

Kendati demikian, Alex Marquez mulai muncul dengan penampilan kompetitifnya di beberapa seri balapan terakhir. Ini tentunya menjadi angin segar bagi Honda. Sebab, Alex mampu membuktikan bahwa Honda bukanlah motor yang spesial dibuat untuk Marc Marquez saja.

Menurut manajer Alex, Emilio Alzamora, motor balap Honda memang memiliki kesulitan tersendiri untuk bisa dikuasai. Akan tetapi, bukan berarti RC213V tidak bisa dimaksimalkan jika bukan Marc Marquez yang mengemudikannya.

Buktinya, kini setelah selama beberapa waktu melakukan adaptasi, Alex Marquez sudah bisa tampil bagus menggunakan motor balap Honda tersebut. Raihan dua podium dalam tiga seri balapan terakhir adalah bukti bahwa RC213V masih menjadi motor yang kompetitif.

“Tanpa diragukan lagi, Honda adalah motor yang sangat kompetitif. Ini ditunjukkan oleh gelar yang telah dimenangkan Marc, dan Honda adalah motor yang cara mengendarainya agak khusus dan Anda harus tahu bagaimana memahaminya," ujar Alzamora, menyadur dari Tutto Motori Web, Kamis (29/10/2020).

Alex Marquez

“Di dalam tim, kami semua yang telah mendukung Alex sangat, sangat senang melihat bagaimana dia berkembang dan betapa cerdiknya dia bergerak maju di tahun yang sulit. Benar bahwa itu sangat mengejutkan kami,” sambungnya.

“Ini berkembang lebih cepat dari yang kami harapkan. Alex bekerja dan melakukan banyak hal selangkah demi selangkah. Tidak terburu-buru. Sedikit demi sedikit, dengan tim teknis, mereka menemukan cara untuk memaksimalkan motor ini dengan berkendara,” tandas Alzamora.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini