Bottas Gagal Finis Podium, Wolff: Pirelli Perlu Cek Kualitas Bannya

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 03 Agustus 2020 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 37 2255920 bottas-gagal-finis-podium-wolff-pirelli-perlu-cek-kualitas-bannya-JbIh5Pc8Jl.jpeg Pembalap Mercedes AMG Petronas, Valterri Bottas. (Foto: Twitter Mercedes)

SILVERSTONES – Kepala Tim Mercedes AMG Petronas, Toto Wolff, mengaku kecewa karena kedua pembalapnya gagal finis di posisi pertama dan kedua saat balapan Formula One (F1) Grand Prix (GP) Inggris 2020 yang berlangsung pada Minggu 2 Agustus 2020 malam WIB. Hanya Lewis Hamilton saja yang mampu finis di posisi podium atau tepatnya ia berhasil memenangkan seri keempat F1 2020 tersebut.

Valtteri Bottas tercatat hanya bisa finis di urutan ke-11. Namun, sebenarnya hampir di sepanjang balapan driver asal Finlandia itu berada di posisi kedua. Gara-gara bencana ban pecah di akhir balapan, Bottas pun akhirnya terpental jauh dari peringkat kedua menjadi urutan ke-11.

Baca Juga: Klasemen F1 2020 Usai GP Inggris

Valtteri Bottas

Hal itulah mengapa Wolff sangat kecewa. Padahal ia sudah sangat mengharapkan kedua pembalapnya bisa mengisi podium pertama dan kedua di GP Inggris tersebut. Namun, apa daya karena kesialan yang menimpa Bottas itu Mercedes hanya memiliki satu wakil saja di podium balapan tersebut.

Rasa kecewa yang dialami Wolff pun bukan karena penampilan Bottas. Melainkan karena kondisi ban Pirelli yang dirasanya ada yang salah. Karena itulah, sebagai bos Mercedes ia pun meminta kepada pihak Pirelli untuk mengecek dan menganalisa apa yang salah dari ban yang mereka persiapkan untuk para pembalap F1 di musim ini.

"Hari ini begitu kejam. Valtteri berada di posisi kedua, tidak kehilangan terlalu banyak poin untuk mengejar Lewis dalam kejuaraan F1 2020, dan benar-benar bagus untuk kami di kejuaraan konstruktor,” ungkap Wolff, mengutip dari laman resmi F1, Senin (3/8/2020).

"Pada saat kami bertahan hingga akhir di balapan yang 'membosankan' itu, kami sudah yakin dapat pulang dengan membawa posisi podium satu dan dua. Kemudian saya lalu menyadari bahwa Valtteri ternyataberada di ujung yang salah dari lintasan dengan kegagalan, itu adalah cukup sulit untuk kami terima,” tambahnya.

“Saya pikir ban depan kiri adalah yang paling banyak menderita, dan karena itu lebih rentan terhadap puing. Ada banyak potongan karbon di trek setelah insiden Kimi Raikkonen," tambah bos Mercedes AMG Petronas tersebu.

Valtteri Bottas

"Kami melihat ada beberapa bagian dari mobil, bagian dari sayap depan di trek, jadi kami tidak akan pernah tahu, tetapi saya kira Pirelli harus menganalisis masalah ini," tambahnya.

Karena masalah itulah Bottas hanya bisa finis di urutan ke-11. Hamilton yang memenangkan balapan ditemani oleh Max Verstappen (Red Bull Racing) dan Charlec Leclerc (Scuderia Ferrari) untuk berdiri di atas podium. Verstappen ada di podium kedua dan Leclerc di podium ketiga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini