Agostini Bingung Yamaha Sulit Terima Saran Rossi

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 28 Juli 2020 19:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 38 2253577 agostini-bingung-yamaha-sulit-terima-saran-rossi-YnZ4KlmYye.jpg Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

JEREZ – Legenda balap motor dunia, Giacomo Agostini, bingung dengan debat antara Valentino Rossi dengan Monster Energy Yamaha, sebelum MotoGP Andalusia 2020 berlangsung. Debat itu terjadi karena Rossi ingin pengaturan pada motornya, YZR-M1, diubah sebelum tampil pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu 26 Juli tersebut.

Rossi menyarankan para mekanik untuk mengubah pengaturan YZR-M1, karena hasil buruk yang didapatnya pada balapan pekan lalu, MotoGP Spanyol 2020. Pada balapan yang juga berlangsung di Sirkuit Jerez itu, Rossi gagal menyentuh garis finis.

Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

Motor pembalap berpaspor Italia itu mengalami masalah teknis, sehingga gugur pada pertengahan balapan. Belajar dari pengalaman sebelumnya, Rossi pun ingin mengubah pengaturan motornya sehingga bisa meraih hasil lebih baik di MotoGP Andalusia 2020.

Namun, saran Rossi tidak diterima begitu saja oleh para mekanik Yamaha. Selama empat hari, Rossi berdebat dengan Yamaha agar sarannya diterima. Upaya Rossi berbuah manis karena pengaturan YZR-M1 diubah sesuai kemauannya.

BACA JUGA: Sebelum MotoGP Andalusia 2020, Terjadi Debat antara Rossi dan Yamaha

Pengaturan itu terbukti membantu Rossi unjuk gigi. Meski posisi ketiga yang diraihnya juga dibantu dengan insiden Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) dan Francesco Bagnaia (Pramac Ducati), Rossi terhitung tampil apik di Sirkuit Jerez pada pekan pekan lalu.

Agostini menilai Yamaha seharusnya lebih mudah mendengar saran dari pembalapnya. Menurut Agostini, wajar jika para pembalap menentukan sendiri pengaturannya pada era balap modern.

"Saya terkejut (tahu Rossi berdebat dengan Yamaha). Waktu telah berubah dan para mekanik juga, adalah normal bagi pengemudi untuk memutuskan pengaturan. (Fabio) Quartararo cepat, (Maverick) Vinales juga, saya tidak mengerti mengapa mereka tidak mendengarkan Valentino (Rossi)," kata Agostini, menyadur dari Tutto Motori Web, Selasa (28/7/2020).

"Motornya sama untuk semua orang, lalu ada pengaturan, keseimbangan yang setiap pembalap butuh. Saya tidak mengerti ini. Aneh bahwa Yamaha tidak mendengarkan permintaan Valentino,” tuturnya.

Sementara itu, hasil apik di MotoGP Andalusia 2020 akan membuat kepercayaan diri Rossi meningkat. The Doctor diprediksi mampu mengulang hasil positif serupa pada balapan berikutnya, MotoGP Republik Ceko 2020. Balapan itu akan berlangsung di Sirkuit Brno, Minggu 9 Agustus 2020.

Meski begitu, tidak akan mudah bagi Rossi untuk meraih kemenangan. Sebab, ada Quartararo dari Petronas Yamaha SRT yang sedang dalam kondisi terbaiknya. Quartararo adalah pemenang dari dua balapan sebelumnya yang berlangsung di Sirkuit Jerez.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini