Sebelum MotoGP Andalusia 2020, Terjadi Debat antara Rossi dan Yamaha

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 28 Juli 2020 19:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 38 2253561 sebelum-motogp-andalusia-2020-terjadi-debat-antara-rossi-dan-yamaha-Sx7VSlKdz0.jpg Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

JEREZ – Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, meraih podium pertamanya setelah MotoGP Amerika Serikat (AS) 2019. The Doctor –julukan Rossi– menempati posisi ketiga di MotoGP Andalusia 2020.

Namun, ada fakta unik di balik keberhasilan Rossi menempati posisi ketiga pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu 26 Juli 2020 itu. Rossi mengaku sempat berdebat dengan Yamaha perihal pengaturan motornya, YZR-M1.

Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

Rossi menyarankan para mekanik untuk mengubah pengaturan YZR-M1, karena hasil buruk yang didapatnya pada balapan pekan lalu, MotoGP Spanyol 2020. Pada balapan yang juga berlangsung di Sirkuit Jerez itu, Rossi gagal menyentuh garis finis.

Motor pembalap berpaspor Italia itu mengalami masalah teknis, sehingga gugur pada pertengahan balapan. Belajar dari pengalaman sebelumnya, Rossi pun ingin mengubah pengaturan motornya sehingga bisa meraih hasil lebih baik di MotoGP Andalusia 2020.

BACA JUGA: Usai Naik Podium di MotoGP Andalusia, Rossi: Saya Beruntung Direkrut Yamaha Lagi

Namun, saran Rossi tidak diterima begitu saja oleh para mekanik Yamaha. Selama empat hari, Rossi berdebat dengan Yamaha agar sarannya diterima. Upaya Rossi berbuah manis karena pengaturan YZR-M1 diubah sesuai kemauannya.

Pengaturan itu terbukti membantu Rossi unjuk gigi. Meski posisi ketiga yang diraihnya juga dibantu dengan insiden Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) dan Francesco Bagnaia (Pramac Ducati), Rossi terhitung tampil apik pada pekan pekan lalu.

“Dalam beberapa bulan ini, saya kesulitan untuk melakukan perubahan. Terkadang, anda menghadapi masalah yang tidak anda harapkan. Itu mengenai masalah kebijakan. Saya mengendarai motor yang bukan milik saya. Saya merasa tidak nyaman,” kata Rossi, menyadur dari GP One, Selasa (28/7/2020).

“Di sini, saya selalu kesulitan setelah kemenangan pada 2016 dan panas lintasan membuat ban menahan beban yang lebih berat. Saya harus berdebat dengan Yamaha selama 4 hari untuk memodifikasi (pengaturan) motor. Pada hari Jumat, akhirnya kami bisa mengubah pengaturan dan mulai bersenang-senang di trek,” tuturnya.

Hasil apik di MotoGP Andalusia 2020 membuat kepercayaan diri Rossi meningkat. The Doctor pun mengaku siap untuk mengulang hasil positif serupa pada balapan berikutnya, MotoGP Republik Ceko 2020. Balapan itu akan berlangsung di Sirkuit Brno, Minggu 9 Agustus 2020.

"Saya tahu bahwa saya bisa menjalani balapan yang bagus. Itu mendasar buat saya, dan sekarang saya merasa lebih optimistis untuk balapan berikutnya," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini