Lupa Pakai Masker hingga Kaus, Aksi Lawan Rasisme di F1 GP Hungaria Berantakan

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 20 Juli 2020 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 20 37 2249273 lupa-pakai-masker-hingga-kaus-aksi-lawan-rasisme-di-f1-gp-hungaria-berantakan-INEax6ldPs.jpg Aksi Lawan Rasisme di F1 GP Hungaria 2020 (Foto: The Sun)

BUDAPEST – Formula One (F1) 2020 telah memasuki seri ketiga. Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Hungaroring, Hungaria, Minggu 19 Juli 2020 malam WIB, para pembalap masih melanjutkan aksinya untuk menentang rasisme di dunia.

Namun, upaya F1 untuk bersatu melawan rasisme sepertinya mulai goyah. Hal itu terlihat kala para pembalap menunjukkan situasi kacau balau dalam aksi tersebut sebelum memulai balapan F1 GP Hungaria 2020.

Lewis Hamilton

Pada momen tersebut, para pembalap seharusnya berkumpul sebelum memainkan lagu kebangsaan dalam sikap menentang rasisme. Para pembalap yang tampak siap adalah Lewis Hamilton. Ia adalah pembalap yang paling vokal dalam menentang tindakan rasisme.

Saat itu, Hamilton dan beberapa pembalap lain telah berlutut. Akan tetapi, beberapa pembalap lainnya masih belum muncul untuk melakukan aksi tersebut.

Baca juga Hasil Balapan F1 GP Hungaria 2020, Hamilton Jadi yang Tercepat

Alhasil, para pembalap yang berkumpul berlarian menuju ke posisi yang telah direncanakan untuk melakukan aksi tersebut. Akan tetapi, keadaan sedikit kacau ketika beberapa di antara mereka terlihat kurang siap.

Sebut saja, seperti pembalap Tim Alfa Romeo Racing, Antonio Giovinazzi. Pembalap asal Italia tersebut lupa mengenakan kaus tema berwarna hitam bertuliskan ‘end racism’ sebagai tanda aksi melawan rasisme.

Situasi tersebut membuat seorang anggota staf dengan cepat melemparkan kaus kepadanya sehingga ia bisa pakai. Namun, keadaan kacau balau belum usai.

Untuk menambah situasi terlihat berantakan, rekan setim Hamilton yakni Valtteri Bottas lupa mengenakan masker selama aksi berlangsung. Padahal itu merupakan aturan wajib bagi setiap orang yang berada di dalam paddock.

F1 GP Hungaria

Para penggemar yang menonton kekacauan itu terkaget-kaget dan melakukan kicauan di media sosial Twitter. Mereka mempertanyakan aksi melawan rasisme yang justru seakan tidak disiapkan dengan baik.

Sementara itu, seperti yang terjadi di Austria, beberapa pembalap memilih tidak berlutut. Hal itu dilakukan beberapa pembalap karena memiliki berbagai alasan untuk mereka tidak melakukannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini