Rossi Lihat Potensi Besar Petronas Yamaha untuk Tampil Kompetitif

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 12 Juli 2020 06:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 12 38 2245006 rossi-lihat-potensi-besar-petronas-yamaha-untuk-tampil-kompetitif-qjeW3jMffK.jpg Valentino Rossi melihat sesuatu di Petronas Yamaha SRT (Foto: Yamaha MotoGP)

TAVULLIA – Tergusur dari tim pabrikan ke tim satelit tentu tidak mudah untuk pembalap, termasuk sekaliber Valentino Rossi. Akan tetapi, ayahnya, Graziano, yakin The Doctor melihat potensi bisa tampil kompetitif bersama Petronas Yamaha SRT.

Seperti diberitakan, Valentino Rossi sangat terbuka dengan kemungkinan melanjutkan karier bersama Petronas Yamaha SRT pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. Sebab, kursinya di tim pabrikan Monster Energy Yamaha akan menjadi milik Fabio Quartararo pada musim depan.

Negosiasi antara Petronas Yamaha SRT dengan Valentino Rossi sudah berlangsung sejak awal Juni 2020. Sebelumnya, negosiasi tersebut diharapkan selesai paling tidak pada akhir Juni. Namun, hingga awal Juli 2020, belum ada pengumuman apapun.

Baca juga: Valentino Rossi Jarang Menang di MotoGP, Agostini: Harap Dimaklumi

Petronas Yamaha SRT untuk MotoGP 2020 (Foto: Petronas Yamaha)

Tentu dibutuhkan jiwa yang besar untuk mau membela tim satelit pada akhir karier seperti Valentino Rossi, ketika ambisi menjadi juara masih berkobar. Graziano Rossi yakin ada sedikit harga diri yang terkoyak dari putranya, tetapi dia bisa melihat ada potensi bersama Petronas Yamaha.

“Valentino pasti merasakan ada sedikit kebanggaan yang terkoyak. Namun, dia merasa di Petronas punya potensi untuk kompetitif sehingga memutuskan untuk mencoba peruntungan,” tutur Graziano Rossi, dikutip dari Corse di Moto, Minggu (12/7/2020).

“Valentino masih punya ambisi yang sama seperti 16 tahun lalu, selalu punya persiapan fisik yang bagus dan determinasi. Dia ingin mengakhiri kariernya dengan kemenangan,” imbuh pria berkebangsaan Italia tersebut.

CEO Petronas Yamaha SRT, Razlan Razali, belum lama ini membantah kabar bahwa kesepakatan sudah terjalin dengan Valentino Rossi. Pria asal Malaysia itu mengatakan belum ada kata sepakat dari kedua belah pihak dan negosiasi masih berlangsung.

Secara prinsip, kedua pihak tersebut memang siap untuk bekerja sama. Akan tetapi, ada beberapa prasyarat yang masih harus disetujui, terutama soal tim mekanik. Petronas Yamaha SRT bersikukuh mempertahankan tim mekaniknya sendiri, begitu juga dengan Valentino Rossi.

Menurut kabar yang beredar, pengumuman resmi soal kesepakatan tersebut akan diluncurkan pada pekan depan, alias ketika pekan balapan perdana MotoGP Spanyol 2020 di Sirkuit Jerez. Valentino Rossi disebut bakal diikat kontrak selama setahun bersama Petronas Yamaha SRT untuk Kejuaraan Dunia MotoGP 2021.

Pembalap berusia 41 tahun itu diberi opsi perpanjangan kontrak setahun lagi, tetapi keputusan tersebut diambil berdasarkan hasil-hasil pada musim depan. Meski memperkuat tim satelit, Valentino Rossi akan dibekali dengan motor YZR M-1 edisi terbaru dengan spesifikasi pabrikan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini