Bos Yamaha Beberkan Rahasia Vinales di MotoGP 2019

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 23 Juni 2020 02:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 22 38 2234593 bos-yamaha-beberkan-rahasia-vinales-di-motogp-2019-PtEMpSJFp7.jpg Maverick Vinales (Foto: Laman Resmi MotoGP)

LESMO – Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, berhasil mengakhiri Kejuaraan Dunia MotoGP 2019 dengan menempati posisi ketiga di papan klasemen. Direktur Balap Yamaha, Lin Jarvis pun mengungkapkan rahasia kebangkitan pembalapnya tersebut.

Perlu diketahui, Vinales sebenarnya tidak mendapat hasil yang bagus pada beberapa balapan awal MotoGP 2019. Tercatat, dalam tujuh balapan pertama, pembalap berjuluk The Top Gun itu tiga kali mengalami gagal finis dan hanya sekali naik podium.

Baca juga: Selain Honda, Vinales Juga Waspadai Ducati di MotoGP 2020

Maverick Vinales

Diakui oleh Jarvis kalau pada saat itu Vinales kesulitan untuk bisa menampilkan performa terbaiknya. Kendati demikian, Vinales mencoba melakukan revolusi. Pembalap asal Spanyol itu menunjuk Esteban Garcia sebagai kepala kru yang baru dan Julian Simon sebagai pelatih.

Menurut Jarvis, keputusan yang dibuat Vinales tersebut mulai memberikan dampak positif, hingga akhirnya sang pembalap 24 tahun mulai mampu tampil konsisten di jajaran depan. Hal itu tentunya disambut gembira oleh Jarvis.

“Maverick tidak memulai tahun dengan baik. Dia benar-benar kesulitan untuk mendapat hasil bagus dalam lima atau enam Grand Prix pertama. Saat itu, Valentino (Rossi) yang mengungguli dia. Valentino memiliki dua tempat kuat kedua awal tahun ini dan hampir memenangkan balapan di Austin. Maverick, di sisi lain, agak tersesat,” beber Jarvis, seperti disadur dari Speedweek, Selasa (22/6/2020).

“Saya pikir kami melihat efek positif dari perubahan yang ia buat sendiri di tim: Esteban Garcia sebagai kepala kru baru, Julian Simon sebagai pelatih pembalap. Saya pikir grup ini berkumpul bersama selangkah demi selangkah yang lebih baik, dan Maverick membuat keputusan sendiri tentang bagaimana ia ingin menyetel motor pada akhir pekan balapan,” lanjut Jarvis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini