Menpora Ungkap Alasan PON 2020 Papua Ditunda hingga Tahun Depan

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 23 April 2020 12:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 23 43 2203624 menpora-ungkap-alasan-pon-2020-papua-ditunda-hingga-tahun-depan-gwyQxngQY7.jpeg Zainudin Amali. (Foto: PSSI)

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia (RI), Zainudin Amali, membeberkan alasan penundaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua hingga tahun depan. Ia mengatakan ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan atas pengambilan keputusan ini.

Zainudin mengatakan keputusan diambil setelah Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), melakukan rapat terbatas dengan pihak-pihak terkait, seperti Menpora hingga Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, pada Kamis (23/4/2020) pagi WIB. Dalam rapat itu, Zainudin menyampaikan kondisi terakhir persiapan PON 2020.

BACA JUGA: PON 2020 Papua Resmi Ditunda

Dari rapat terbatas tersebut, didapat beberapa hal yang mendasari pengambilan keputusan penundaan PON 2020. Hal pertama yang menjadi pertimbangan adalah pengerjaan venue yang masih berlangsung dan akhirnya harus tertunda akhir-akhir ini.

Zainudin Amali

“Pada rapat terbatas tadi sudah ada keputusan yang dibuat setelah mendengarkan laporan dari Menko PMK, kemudian dari saya sendiri Menpora yang melaporkan tentang kondisi terakhir persiapan pelaksanaan PON. Pertama tentang kondisi venue terkait pekerjaan-pekerjaan, baik yang sudah selesai maupun yang belum,” ujar Zainudin Amali kepada para wartawan lewat video telekonferensi, Kamis (23/4/2020).

"Penyelesaian pekerjaan fisik venue yang masih berlangsung sampai dengan sebelum Covid-19 akhirnya harus tertunda, sehingga belum semua venue yang direncanakan akan digunakan, tidak bisa diteruskan pelaksanaannya," lanjutnya.

Selain pengerjaan venue, ada beberapa hal lainnya yang menjadi pertimbangan, seperti pengadaan peralatan. Faktor ini juga menjadi penyebab penundaan PON 2020 karena beberapa peralatan yang digunakan didatangkan dari luar Papua.

"Karena bahan-bahan sekarang ini sudah kurang tersedia, pendistribusian bahan- bahan untuk pembangunan yang didatangkan di Papua mengalami hambatan. Negara-negara produsen yang tadinya diharapakan untuk menyuplai peralatan olahraga juga mengalami kondisi yang sama," jelas Menpora Zainudin Amali.

Dalam rapat terbatas tersebut, Zainudin juga melaporkan kepada Presiden Jokowi terkait kesiapan kontingen hingga pihak penyelenggara PON 2020. Setelah mendengar seluruh penjelasan tersebut, PON 2020 pun akhirnya ditunda hingga Oktober 2021.

“Kemudian, saya juga menyampaikan terkait kesiapan kontingen dan kesiapan penyelenggara atau panitia besar PON itu sendiri.  Dari laporan yang kami sampaikan, maka Bapak Presiden memutuskan pelaksanaan PON Ke-20 dan PEPARNAS Ke-16 yang sedianya akan dilakukan pada Oktober 2020 ditunda menjadi Oktober 2021. Jadi, keputusannya ditunda dan bulannya pun sudah ditetapkan,” tutup Menpora RI.  

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini