nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kiprah Bob Hasan di Olahraga, Dedikasi kepada PB PASI dan Sempat Jadi Anggota IOC

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 31 Maret 2020 13:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 31 43 2191720 kiprah-bob-hasan-di-olahraga-dedikasi-kepada-pb-pasi-dan-sempat-jadi-anggota-ioc-wvNTqtJou1.jpg Bob Hasan hampir setengah hidupnya dihabiskan untuk PASI. (Foto: @pasipusat)

JAKARTA – Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), Bob Hasan, mengembuskan napas terakhir di RSPAD Gatot Soebroto pada Senin (31/3/2020). Mantan menteri perdagangan dan industri di era presiden Soeharto itu meninggal dunia karena menderita penyakit kanker paru-paru.

Semasa hidup, pria kelahiran Semarang pada Februari 1931 itu hampir mendedikasikan seluruh hidupnya untuk olahraga. Sekadar informasi, Bob Hasan menjabat sebagai Ketua Umum PB PASI dari 1976 hingga mengembuskan napas terakhir pada 2020.

Bob Hasan

(Bob Hasan saat menerima penghargaan)

Hal itu berarti, selama 44 tahun Bob Hasan menjabat sebagai ketua umum cabang olahraga yang membawahi berbagai nomor atletik seperti lari, lompat jauh, lempar cakram dan banyak lagi tersebut. Selama 44 tahun menjabat sebagai ketua umum PB PASI, ada berbagai prestasi yang ditorehkan PASI.

Berkat bantuannya, Indonesia tercatat 11 kali menjadi juara umum SEA Games. Sekadar informasi, mayoritas medali emas yang didapat kontingen Indonesia tatkala meraih medali emas SEA Games berasal dari cabang olahraga atletik.

BACA JUGA: Ketum PASI Bob Hasan Meninggal Dunia

Ada satu mimpi yang dimiliki Bob Hasan semasa hidup, yakni melihat atlet binaannya meraih medali emas Olimpiade. Hal itu diungkapkan Bob Hasan saat kembali menjadi Ketua Umum PB PASI untuk kesekian kali pada 2016.

"Target kita adalah bisa meraih medali emas di Olimpiade. Kita punya banyak calon-calon, tapi harus kerja keras, dan mudah-mudahan kita bisa mendapatkan medali di Olimpiade," kata Bob Hasan saat itu.

Zohri

(Zohri bisa sumbang emas bagi Indonesia di ajang Olimpiade)

Tanda-tanda ke arah sana sebenarnya sudah terlihat. Pada 2018, Indonesia merebut medali emas nomor lari 100 meter di Kejuaraan Dunia Atletik U-20 yang digelar di Finlandia atas nama Lalu Muhammad Zohri.

Zohri saat ini pun sudah dipastikan ambil bagian di Olimpiade Tokyo yang digelar di Jepang pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2021. Berhubung Zohri masih berusia 19 tahun, masih ada kesempatan bagi sprinter kelahiran Lombok itu untuk menunaikan keinginan mendiang Bob Hasan suatu hari nanti.

Selain menjabat sebagai Ketua Umum PB PASI, Bob Hasan sempat menjadi anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) dalam kurun 1994-2004. Hal itu menunjukkan Bob Hasan begitu disegani, tak hanya di olahraga lokal, namun juga internasional.

Selamat jalan Bob Hasan, peran Anda terhadap kemajuan olahraga Tanah Air takkan pernah dilupakan.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini