nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Punya Peluang Tempati Seed 1 di Piala Thomas 2020

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 17 Desember 2019 21:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 17 40 2143108 indonesia-punya-peluang-tempati-seed-1-di-piala-thomas-2020-bTz4CgR2C4.jpg Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. (Foto: Laman resmi PBSI)

PRESTASI yang apik berhasil diukir para pebulu tangkis Indonesia di sepanjang 2019. Kondisi ini khususnya bisa dilihat pada sektor ganda putra serta tunggal putra. Alhasil, para pebulu tangkis Tanah Air bisa menaikkan peringkatnya di daftar ranking BWF.

Saat ini, dua ganda putra andalan Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, tengah mendominasi ranking BWF. Marcus/Kevin berhasil memperpanjang kejayaannya untuk menempati posisi pertama. Mereka bahkan baru saja menyamai rekor ganda putra Korea Selatan, Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong, yang berhasil menempati posisi terlama di peringkat satu, yakni selama 117 pekan.

BACA JUGA: Marcus/Kevin Samai Rekor Sensasional Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong

Prestasi yang tak kalah gemilang dilakukan The Daddies –julukan Ahsan/Hendra. Mereka juga semakin memperkukuh posisinya di tempat kedua ranking BWF. Hal tersebut terjadi setelah Ahsan/Hendra sukses menyegel gelar juara di turnamen penutup musim ini, yakni BWF World Tour Finals 2019.

Penampilan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

Selain di sektor ganda putra, hasil manis juga diukir wakil-wakil Indonesia di sektor tunggal putra. Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting kini berhasil menempati posisi 10 besar di peringkat dunia.

Jika hal tersebut mampu terus dijaga oleh para wakil Tanah Air, Indonesia pun memiliki peluang untuk menempati seed 1 di gelaran Piala Thomas 2020 yang akan digelar pada 16-24 Mei. Untuk ganda putra, Indonesia tentu saja sudah dipastikan berhasil mengungguli negara-negara lainnya.

Penampilan Anthony Sinisuka Ginting

Sementara untuk nomor tunggal putra, posisi Indonesia sejatinya belum sepenuhnya aman. Para wakil yang sudah di 10 besar tentu saja perlu tampil lebih konsisten agar lebih banyak poin yang bisa dikoleksi. Semenatra yang belum bisa masuk 10 besar, seperti Shesar Hiren Rhustavito, harus bisa terus meningkatkan posisinya jika ingin membawa Indonesia menempati seed 1.

Saat ini, salah satu pesaing terberat Indonesia untuk menempati seed 1 adalah Jepang. Negeri Sakura –julukan Jepang– diketahui memiliki pebulu tangkis yang tak kalah apik, terlebih di sektor tunggal putra. Kento Momota diketahui hingga kini bisa mendominasi beragam turnamen bergengsi hingga bisa terus mempertahankan posisinya di peringkat satu dunia.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini