Ramon Forcada: Motor Alami Jorge Lorenzo adalah Yamaha

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 13 Oktober 2019 03:08 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 12 38 2116182 ramon-forcada-motor-alami-jorge-lorenzo-adalah-yamaha-Kh32iuIaMI.jpg Jorge Lorenzo dinilai lebih cocok dengan motor Yamaha (Foto: Motorsport)

MADRID – Kesulitan yang dialami Jorge Lorenzo bersama Repsol Honda membuat mantan kepala krunya, Ramon Forcada, angkat bicara. Menurutnya, motor yang alami untuk Por Fuera hanya milik Yamaha yang dibangun sesuai masukannya.

Jorge Lorenzo memang pindah ke Repsol Honda pada awal musim 2019 setelah menghabiskan dua tahun bersama Ducati Corse. Kedatangannya di tim yang berbasis di Aalst itu memunculkan harapan tinggi berupa duel ketat bersama rekan setim Marc Marquez.

Motor Honda RC213V dinilai tidak cocok dengan Jorge Lorenzo (Foto: Honda Racing Corporation)

Baca juga: Marquez Disebut Jadi Penyebab Lorenzo Tak Kompetitif Bersama Honda

Tak disangka, penampilan Jorge Lorenzo justru jauh panggang dari api. Menurut Ramon Forcada, motor RC213V yang sangat menguras tenaga itu dibangun untuk seorang Marc Marquez. Kuda besi tersebut tidak cocok dengan tubuh Jorge Lorenzo yang sulit membentuk massa otot.

“Motor natural buat Lorenzo adalah Yamaha. Motor itu seperti dibangun untuknya. Dia juga menghabiskan sembilan tahun di sana dan sebagian besar pengembangan motor Yamaha bergantung pada Lorenzo,” tutur Ramon Forcada, dilansir dari Speedweek, Minggu (13/10/2019).

“Karena gaya balap Marc, motor Honda sangat menguras fisik. Lorenzo kurang beruntung karena dia tidak sulit membentuk massa otot meski rajin berlatih kebugaran. Dia tidak bisa menjadi sekuat pembalap yang melahap menu latihan yang sama. Itu sudah takdirnya,” imbuh pria berkebangsaan Spanyol itu.

Ramon Forcada menilai Jorge Lorenzo bukan pembalap yang kuat secara fisik (Foto: MotoGP)

Lebih lanjut, Ramon Forcada menilai Jorge Lorenzo hanya tengah kehilangan kepercayaan diri di atas motor Honda. Apalagi, dengan deretan kemenangan yang diraih Marc Marquez, membuat Honda terus mengandalkan The Baby Alien untuk membangun motor.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini