nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Performa Apik Rins Musim Ini Bikin Takjub Legenda MotoGP

Andika Pratama, Jurnalis · Sabtu 20 Juli 2019 14:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 20 38 2081433 performa-apik-rins-musim-ini-bikin-takjub-legenda-motogp-t77zTBf7o9.jpg Alex Rins (Foto: MotoGP)

HAMAMATSU – Komentator legendaris MotoGP, Nick Harris, cukup terpukau dengan penampilan apik dari pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, di MotoGP 2019. Sebab, Rins sudah mengumpulkan 101 poin dari sembilan balapan yang dilakoninya. Torehan Rins itu merupakan koleksi poin terbanyak yang dimiliki pembalap Suzuki pada era MotoGP.

Rins memang membuat kejutan dengan kombinasinya bersama motor Suzuki, GSX-RR. Suzuki yang musim lalu tampak kesulitan untuk bersaing dalam perebutan podium kini menunjukkan wajah yang berbeda.

Alex Rins (Foto: MotoGP)

Pembalap berusia 23 tahun itu bahkan sudah mendapatkan kemenangan pertamanya di kelas utama saat mentas di MotoGP Amerika Serikat 2019. Rins mengalahkan pembalap veteran Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, yang finis di posisi kedua.

BACA JUGA: Hopkins: Bagi Rins, Podium Saja Sekarang Tak Cukup

Kala itu usia Rins terpaut 16 tahun 295 hari dari Rossi yang kini berusia 40 tahun. Itu adalah perbedaan usia terbesar antara dua pembalap teratas pada balapan kelas utama sejak Giacomo Agostini yang berusia 26 tahun mengalahkan Karl Hoppe yang berusia 46 tahun di Hockeheim, Jerman, dalam kelas 500cc musim 1969.

Kemenangan yang diraih Rins pada balapan seri Amerika Serikat di Circuit of the Americas (COTA) juga merupakan yang pertama dicatatkan pembalap Suzuki. Kemenangan lain yang dicatatkan pembalap Suzuki di balapan seri Amerika Serikat terjadi saat Sirkuit Daytone menjadi arenanya.

Alex Rins (Foto: MotoGP)

Segala fakta itu semakin membuat Harris kagum terhadap kemampuan Rins meski dalam dua balapan terakhir gagal finis. Rins memiliki kesempatan untuk balas dendam pada balapan pembuka paruh kedua musim ini yang berlangsung di Sirkuit Brno, Republik Ceko, Minggu 4 Agustus 2019.

“Meskipun Rins gagal mencetak angka dalam dua balapan terakhir, koleksi poinya 101. Itu adalah total poin tertinggi oleh pembalap Suzuki setelah sembilan balapan di era MotoGP. Di Austin perbedaan usia antara Rins dan Rossi adalah 16 tahun 295 hari. Perbedaan usia terbesar antara dua pembalap teratas dalam perlombaan di kelas utama sejak 26 tahun Giacomo Agostini mengalahkan 46 tahun Pembalap Jerman Karl Hoppe pada balapan di Hockenheim, Jerman, dalam kelas 500cc 1969,” ujar Harris, seperti yang dikutip dari laman resmi MotoGP, Sabtu (20/7/2019).

“Kemenangan Rins di Austin (COTA) adalah yang pertama untuk Suzuki di AS (Amerika Serikat) dalam balapan kelas utama. Satu-satunya kemenangan Suzuki lainnya di AS adalah ketika (Sirkuit) Daytona menjadi arenanya. Hugh Anderson memenangkan balapan kelas 125 dan 50cc pada 1964, serta kelas 125cc setahun setelahnya. Ernst Degner juga memenangkan balapan kelas 50cc pada 1965,” pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

MotoGP

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini