nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyebab Kento Momota Kalah dari Shi Yuqi di Piala Sudirman 2019

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 28 Mei 2019 02:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 27 40 2061049 penyebab-kento-momota-kalah-dari-shi-yuqi-di-piala-sudirman-2019-lba1XAKhLY.jpg Shi Yuqi (Foto: BWF)

NANNING – Tim Bulu Tangkis Jepang harus menelan luka kala tumbang dengan skor telak 0-3 dari China di partai final Piala Sudirman 2019. Lebih menyesakkan lagi, pemain unggulan yang menjadi unggulan Jepang dalam mendulang poin juga mengalami kekalahan. Adalah Kento Momota yang ditumbangkan Shi Yuqi dengan skor 21-15, 5-21, dan 11-21.

Menanggapi hal itu, Pelatih Tim Jepang, Park Joo Bong, tidak memungkiri kalau Momota sebenarnya mengalami kelelahan. Pasalnya, sebelum laga final dimainkan, Momota telah bertanding tiga kali berturut-turut.

(Baca juga: Gelaran Piala Sudirman 2019 Selesai, Indonesia Langsung Fokus ke Kejuaraan Dunia)

Kento Momota

Pada pertandingan pertama di fase grup melawan Rusia, Jepang sebenarnya mencoba menurunkan Kenta Nishimota pada nomor tunggal. Sayangnya, Nishimoto mengalami kekalahan. Park pun menilai kalau masih ada perbedaan kualitas yang cukup besar antara Momota dengan Nishimoto. Maka dari itu, pada laga-laga berikutnya Momota yang selalu tampil.

“Di pertandingan pertama melawan Rusia, Kenta Nishimoto tidak terlalu bagus. Kami merasa ada kesenjangan (dalam tingkat kinerja) antara Momota dan Nishimoto sehingga kami tidak punya pilihan. Momota harus bermain,” jelas Park, menukil dari laman resmi BWF, Selasa (28/5/2019).

Shi Yuqi

Di sisi lain, Shi Yuqi sedang dalam tekanan tinggi. Hal itu diungkapkan oleh Pelatih Tim China, Xia Xuanze. Pasalnya, sebelum laga Shi Yuqi vs Momota dimainkan, China telah memenangkan dua laga pertama. Dengan kata lain, Shi Yuqi memainkan laga penentuan. Meski begitu, Shi Yuqi jelas punya ambisi kuat untuk menjadi penentu kemenangan China.

“Kami menanggapi lawan kami dengan sangat serius. Kami mendapat keuntungan dengan memenangkan dua pertandingan pertama, namun ini menjadi banyak tekanan bagi Shi Yuqi karena dia benar-benar ingin memenangkan poin ketiga untuk China, jadi dia lebih gugup daripada Kento Momota,” ujar Xuanze.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini