nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rekor Pertemuan Indonesia vs Jepang di Piala Sudirman

Bagas Abdiel, Jurnalis · Sabtu 25 Mei 2019 11:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 25 40 2060258 rekor-pertemuan-indonesia-vs-jepang-di-piala-sudirman-NUx3Hg5hpa.jpg Tim Indonesia di Piala Sudirman 2019 (Foto: PBSI)

TIM bulu tangkis Indonesia akan menghadapi partai berat di semifinal Piala Sudirman 2019. Hendra Setiawan dan kawan-kawan akan bertemu dengan salah satu tim terkuat di Piala Sudirman tahun ini yakni Jepang.

Akan tetapi, jika melihat dari sisi rekor pertemuan, ternyata Indonesia memiliki catatan bagus saat bertemu Jepang di ajang Piala Sudirman. Indonesia dan Jepang telah menjalani dua kali pertemuan di Piala Sudirman dan kedua pertemuan itu dimenangkan Tim Merah Putih. Kedua pertemuan tersebut terjadi di Piala Sudirman 2009 dan 2011.

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (Foto: PBSI)

Pertemuan yang terjadi pada 2009. Indonesia dan Jepang bertemu di babak penyisihan Grup 1B. Tim yang saat itu diperkuat nama-nama seperti Hendra Setiawan dan Liliyana Natsir berhasil menaklukkan Jepang dengan skor yang cukup telak yakni 4-1.

Baca juga Tantang Favorit Juara, Indonesia Pantang Padamkan Semangat

Kala itu empat poin yang diraih Indonesia datang dari Hendra Setiawan/Markis Kido, Maria Kristin Yulianti, Sony Dwi Kuncoro, dan Nova Widianto/Liliyana Natsir. Satu-satunya kekalahan yang dialami Indonesia ada di nomor ganda putri yang diwakili Meiliana Jauhari/Shendy Puspita Irawati.

Sementara pertemuan kedua terjadi pada edisi berikutnya. Pertemuan itu terjadi ketika kedua tim tampil di perempatfinal Piala Sudirman 2011. Kala itu, Indonesia berhasil menang tipis kontra Jepang yakni 3-2.

Greysia Polii (Foto: PBSI)

Ketiga poin Indonesia disumbangkan dari nomor ganda lewat Alvent Yulianto Chandra/Mohammad Ahsan, Greysia Polii/Meiliana Jauhari, dan Fran Kurniawan Teng/Pia Zebadiah Bernadet. Sedangkan kekalahan dialami Adriyanti Firdasari dan Simon Santoso.

Melihat catatan pertemuan tersebut, tentu Indonesia memiliki modal bagus sejatinya. Namun, tahun ini Jepang hadir dengan kekuatan berbeda. Jepang memiliki pemain kuat yang hampir merata di semua nomor. Sementara, Indonesia hanya bisa mengandalkan beberapa nomor seperti halnya ganda putra yang memiliki peluang besar meraih poin.

(Bad)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini