nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia ITF Ikut Kejuaraan Taekwondo Antarpelajar Se-Asia Pasifik

Djanti Virantika, Jurnalis · Minggu 24 Maret 2019 14:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 24 43 2034263 indonesia-itf-ikut-kejuaraan-taekwondo-antarpelajar-se-asia-pasifik-oRLigmomjq.jpg Para wakil Indonesia ITF yang akan ikut serta dalam Kejuaraan Taekwondo Antarpelajar Se-Asia Pasifik. (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Sejumlah atlet yang tergabung dalam Indonesia International Taekwondo Federation (IITF) akan mengikuti ajang bergengsi, Kejuaraan Antarpelajar Se-Asia Pasifik, yang digelar di Selangor, Malaysia, pada 29-31 Maret 2019. Dalam kejuaraan ini, IITF bakal mengirim 18 wakil yang terdiri dari range usia tujuh hingga 16 tahun.

Ke-18 peserta ini akan turun di dua kategori pertandingan, yakni jurus dan sparing. Nantinya, mereka akan bersaing dengan 1.700 peserta yang berasal dari 10 negara se-Asia Pasifik, yakni Indonesia, Singapura, Filipina, Thailand, Malaysia, India, China, Bangladesh, Nepal, Uzbekistan, serta Kamboja.

Indonesia ITF

(Para wakil IITF yang akan ikut serta dalam Kejuaraan Taekwondo Antarpelajar Se-Asia Pasifik. Foto: Okezone/Djanti Virantika)

Meski lawan yang dihadapi cukup berat, IITF tetap optimis para wakilnya bisa menorehkan hasil manis di ajang tersebut. Target lima medali emas pun dipasang dalam kejuaraan kali ini. Sekretaris Jenderal Indonesia ITF, Chandra Lesmana, pun optimis target yang terpasang bisa terpenuhi.

BACA JUGA: Ingin Perkenalkan Taekwondo ITF ke Masyarakat Indonesia Jadi Alasan Utama Seminar IITF di Yogyakarta

Sebab, federasi olahraga taekwondo yang dipimpin oleh Rudy Tanoesoedibjo ini telah menorehkan hasil manis di turnamen invitasi sebelumnya. Di kejuaraan antarnegara yang diikuti sebelumnya, Indonesia ITF bisa membawa pulang delapan medali emas.

Indonesia ITF

(Ke-18 wakil IITF tengah berlatih jelang tampil di Kejuaraan Taekwondo Antarpelajar se-Asia Pasifik. Foto: Okezone/Djanti Virantika)

Ini momen kedua kami mengikuti kejuaraan invitasi. Tahun lalu, kami bertanding di Singapura, sekarang kami mengikuti kejuaraan se-Asia Pasifik di Malaysia yang diikuti 10 negara dan dihadiri sekira 1.700 peserta. Ajang yang sangat prestise ini sekaligus menunjukkan kami, Taekwondo Indonesia ITF di bawah pimpin Rudy Tanoesoedibjo, sudah memulai perjalanan prestasi siswa,” ujar Chandra kepada Okezone, Senin (24/3/2019).

“Harapan kami dengan adanya kejuaraan ini adalah dapat memberikan semangat kepada teman-teman yang lain agar bisa bergabung dengan Indonesia ITF menjadi satu keluarga. Di Singapura, tahun lalu kami menyertakan sekira 25 atlet. Tapi kali ini karena terhalang ujian nasional dan ulangan umum, banyak pelajar yang tidak bisa mengikuti kejuaraan terebut. Tahun lalu, kami bisa memboyong delapan emas dan beberapa perak serta perunggu di Singapura,” tukasnya.

(dji)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini