nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

FIM Nilai Marquez Lakukan Pelanggaran di MotoGP Argentina 2018

Bagas Abdiel, Jurnalis · Kamis 12 April 2018 06:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 12 38 1885473 fim-nilai-marquez-lakukan-pelanggaran-di-motogp-argentina-2018-5YIoITw6nd.jpg Marc Marquez dan Valentino Rossi (Foto: Crash)

MIES – Presiden Federasi Balap Motor Dunia (FIM), Vito Ippolito, menilai bahwa pembalap Tim Repsol Honda yakni Marc Marquez melakukan banyak pelanggaran di MotoGP Argentina 2018. Seperti diketahui pembalap juara dunia MotoGP 2017 itu memang sempat membuat onar kala mengaspal di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina.

Setelah melakukan kesalahan di awal start, Marquez cemas karena posisinya berada di tempat ke-19. Tujuannya untuk mencapai posisi puncak pun sangat ia inginkan. Hal tersebut terlihat kala membalap pembalap berusia 25 tahun itu seperti kesetanan untuk bisa mendekati posisi terdepan.

Namun, aksi balapan Marquez sedikit kurang terpuji kala ia menyusul para pembalap lain. Dua kesalahan The Baby Alien –julukan Marquez- yang terlihat dalam balapan tersebut ketika menikung pembalap Tim Aprilia, Aleix Espargaro dan juara dunia MotoGP tujuh kali yakni Valentino Rossi.

Baca juga Dovizioso Sebut Insiden di MotoGP Argentina Mutlak Kesalahan Marquez

Jika aksi tekanan yang diberikan kepada Espargaro tidak berefek panjang, berbeda halnya dengan Rossi. Espargaro yang hanya melebar setelah mendapat senggolan Marquez, sementara The Doctor –julukan Rossi- harus terjatuh karena ulah sang juara bertahan.

Melihat hal tersebut, FIM menilai Marquez jelas melakukan pelanggaran. Bukan hanya satu kali, tetapi beberapa kali. Meski Ippolito menyadari bahwa para pembalap akan berjuang keras untuk bisa mendapatkan hasil yang baik, namun cara yang dilakukan Marquez sangatlah tidak baik. 

“Kami semua tahu tentang bakat luar biasa dari Marc Marquez, potensi yang dimilikinya untuk memenangkan perlombaan apa pun. Tetapi seperti yang terjadi pada banyak pesaing, dari waktu ke waktu, mereka mengalami perpindahan. Ini semacam keadaan yang semakin kompetitif,” ungkap Ippolito, mengutip dari Tuttomotoriweb, Kamis (12/4/2018).

Baca juga Pramac Ducati: Jangan Bandingkan Petrucci dengan Kasus Marquez dan Zarco

“Ada saatnya ketika mereka begitu terfokus pada pencapaian tujuan, mereka tidak lagi melihat ke kanan atau ke kiri. Mereka melupakan beberapa hal. Marc (Marquez) pada Minggu melakukan beberapa hal yang salah, tentu saja,” tambahnya.

Aksi Marquez-Rossi pun akhirnya memicu banyak perdebatan. Rossi sendiri mengaku kesal dengan tingkah Marquez, sementara pembalap berpaspor Spanyol itu merasa tidak ada kesalahan fatal dengan tindakannya di lintasan.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini