Image

Rossi Beberkan Alasan Finis Ke-5 di Klasemen Akhir MotoGP 2017

Deden Rochman Saputro, Jurnalis · Kamis 11 Januari 2018, 13:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 11 38 1843405 rossi-beberkan-alasan-finis-ke-5-di-klasemen-akhir-motogp-2017-UxS5Axk5I0.jpg Pembalap Tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

LESMO – Pembalap Tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi harus puas menempati peringkat lima di klasemen akhir MotoGP 2017. The Doctor -julukan Rossi- telah mengumpulkan 208 poin dan terpaut 90 angka dari Marc Marquez (Repsol Honda) yang keluar sebagai juara dunia musim lalu.

Rossi mengatakan cedera yang pernah dialaminya di pertengahan musim 2017 menjadi salah satu faktor kegagalannya untuk merebut gelar juara dunia. Pembalap berpaspor Italia itu menuturkan sebelum mentas di Grand Prix (GP) Inggris, ia tak cukup tangguh untuk bersaing dengan rider lain.

Baca juga: Dovizioso: Valentino Rossi Layak Jadi Raja MotoGP

“Tidak jauh lebih baik karena saya punya terlalu banyak masalah. Sepanjang musim dan sebelum Silverstone (GP Inggris pada Agustus 2017), saya sudah katakan bahwa saya tidak cukup kuat untuk bertarung memperebutkan gelar juara dunia,” kata Rossi, mengutip dari Autosport, Kamis (11/1/2018).

Rossi juga menyampaikan dirinya realistis dengan persaingan di MotoGP 2017 lantaran cedera pascakecelakaan motocross. Ia pun menyesali hasil beberapa seri balapan tak maksimal dan sempat absen di GP San Marino untuk menjalani perawatan selama 30-40 hari.

“Jadi, secara realistis, bahkan jika kaki saya tidak patah, saya tidak bisa bertarung untuk gelar juara dunia karena saya tidak cukup kuat. Saya tidak pernah bisa melewati dua balapan bagus secara beruntun,” bebernya.

Baca juga: Rossi Akui Jalani Diet Sehat untuk Hadapi Kompetisi MotoGP

Sepanjang gelaran MotoGP 2017, Rossi hanya sekali naik podium tertinggi di Sirkuit Assen, Belanda. Ia juga meraih posisi runner-up saat mentas di GP Argentina, Amerika Serikat, dan Australia. Selain itu, ia finis ketiga di GP Qatar dan Inggris.

Rossi pun pernah dua kali gagal mendulang poin di MotoGP 2017 saat melintas di GP Prancis dan Jepang. Sisanya, pembalap berusia 38 tahun itu finis di jajaran 10 besar, yakni GP Spanyol (posisi 10), GP Italia (4), GP Catalunya (8), GP Jerman (5), GP Republik Ceko (4), GP Austria (7), GP Aragon (5), GP Malaysia (7), dan GP Valencia (5) serta absen di GP San Marino.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini