nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sportpedia: Mengenal Fungsi Kinesiology Tape untuk Atlet

Rully Fauzi, Jurnalis · Rabu 10 Agustus 2016 18:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 08 10 43 1460273 sportpedia-mengenal-fungsi-kinesiology-tape-untuk-atlet-Mli747ivAE.png

ANDA tentu pernah menyaksikan seorang atlet menggunakan semacam plester agak besar berwarna-warni ketika sedang berlaga. Ya, benda yang juga mirip koyo tersebut adalah Kinesiology Tape atau bisa disebut juga Kinesio Tape.

Metode Kinesio Taping awalnya dikembangkan oleh Dr. Kenzo Kase di Jepang pada tahun 1970-an. Metode ini dilakukan untuk menyembuhkan jaringan atau otot tubuh seorang atlet yang mengalami trauma atau cedera saat berolahraga.

Sayangnya, temuan awal Dr. Kaze ini diketahui ternyata justru mengurangi serangkaian gerak tubuh atlet, tidak mendukung fascia, bahkan pada keadaan tertentu justru menghambat proses penyembuhan jaringan tubuh yang mengalami trauma.

Oleh karena itu, Dr. Kaze terus menyempurnakan Kinesio Tape sebagai alat perekat elastis yang juga memiliki kemampuan sirkulasi udara yang baik saat digunakan. Alat yang sudah disempurnakan ini akhirnya pertama kali dikenal masyarakat dunia ketika mulai digunakan pada Olimpiade Seoul 1988, Sejak itulah, Kinesio Tape menjadi sangat populer.

Di sepakbola misalnya, bintang-bintang macam Cristiano Ronaldo atau Robin van Persie kerap terlihat memakai alat ini saat berlaga. Alat ini lumrahnya dipakai di bagian paha, meski tidak menutup kemungkinan juga dipakai di bagian-bagian tubuh lain.

“Magic” yang dihasilkan Kinesio Tape memang menjadi daya tarik sehingga para atlet getol memakainya. Alat ini mampu mengembalikan sistem neuromuscular seperti sedia kala, meringankan rasa sakit saat berolahraga, mempercepat pemulihan cedera pada lokasi persendian, hingga mengatasi peradangan bawah kulit.

Selain memiliki manfaat yang mengagumkan, Kinesio Tape ini juga menyuguhkan kenyamanan untuk digunakan. Ya, terbuat dari 100 persen katun dan kombinasi bahan latex free, Kinesio Tape mempu membuat gerak Anda lebih fleksibel.

Cara pemakaian alat ini juga tergolong sangat mudah. Sebagai contoh, jika Anda ingin memakainya di bagian paha, bersihkan dulu kulit dari minyak atau air, kemudian lepas kertas penutup pada Kinesio Tape kemudian tinggal ditempelkan. Praktis!

Untuk atlet professional, pemakaian alat ini sendiri umumnya diletakkan pada bagian tubuh yang jadi tumpuan tenaga Anda. Ya, sesuai dengan jenis olahraga yang dimainkan.

(rul)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini