Nishikori Buka Jalan Kesuksesan Petenis Jepang

Arief Hadi Purwono, Jurnalis · Kamis 11 September 2014 08:33 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 11 39 1037323 kqA2II38Ac.jpg Aksi Kei Nishikori saat berjibaku di final US Open (Foto: Reuters)

NEW YORK – Petenis Jepang, Kei Nishikori yang menjadi kejutan di US Open tahun ini, memang gagal meraih kemenangan di final melawan petenis Kroasia, Marin Cilic dan kalah tiga set melalui skor 6-3, 6-3, 6-3.

Namun pencapaian Nishikori tetap mendapatkan apresiasi besar, karena mengharumkan nama Asia terutama Jepang. Ia menjadi petenis Jepang pertama yang mencapai semifinal, sejak 96 tahun lamanya! Bahkan Nishikori mencapai final.

Petenis Jepang terakhir yang dapat melakukannya adalah Ichiya Kumagae di tahun 1918. Tidak ada petenis asal Jepang yang bahkan mampu mencapai final di turnamen grand slam, sejak Jiri Satoh melakukannya tahun 1933 di Wimbledon.

Pujian pun datang dari berbagai pihak, mulai dari rakyat Jepang, asosiasi tenis Jepang hingga mantan petenis Negeri Matahari Terbit, Jun Kamiwazumi.

“Pencapaian Nishikori merupakan kemenangan spektakular untuk semua orang Jepang. Kami tak banyak mengalami kesuksesan di tenis tunggal putra selama bertahun-tahun,” ucap Toru Miura yang berprofesi sebagai karyawan kantor, seperti dilansir Stuff, Kamis (11/9/2014).

“Nishikori luar biasa. Sangat menginspirasi untuk menyaksikannya kembali, setelah menjalankan laga empat set (sebelum melawan Cilic),” tambah Masaru Uchiyama yang mewakili asosiasi tenis Jepang.

“Stamina Nishikori meningkat secara drastis. Saya pikir pengaruh Michael Chang (pelatihnya) menjadi faktor terbesar perkembangannya,” tuntas Jun Kamiwazumi.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini