Nadal Mengeluh karena Lapangan Berubah

Rafael Nadal Parera (Foto: David Grey/REUTERS)

Rafael Nadal Parera (Foto: David Grey/REUTERS)

MELBOURNE – Petenis nomor satu dunia sekaligus unggulan pertama Australian Open tahun ini, Rafael Nadal, tak begitu berkenan dengan keadaan permukaan lapangan Melbourne Park kali ini.

 

Untuk tahun ini, lapangan tanah keras-nya mengalami perubahan pada lapisan permukaan. Dampaknya, bola bergulir lebih cepat setelah bersentuhan dengan permukaan lapangan.

 

“Kondisi permainan seingat saya akan sangat berbeda dari Australian Open lalu di turnamen kali ini. Seingat saya lapangannya tak seperti ini. Banyak hal telah berubah,” ketus Nadal, seperti dilansir Eurosport, Senin (13/1/2014).

 

“Saya rasa, (permukaan) lapangannya lebih cepat dan akan berpengaruh dengan bola. Jadi, turnamen ini akan takkan sama buat saya (seperti tahun lalu). Kondisi seperti ini sedikit saya sayangkan,” lanjutnya.

 

Jelas kondisi lapangan yang berbeda dengan kesiapan yang kurang untuk beradaptasi di lapisan permukaan lapangan yang baru, akan kian menyulitkan perjalanan petenis Spanyol ini yang baru akan memulai ronde pertamanya, besok.

 

Belum lagi, yang dihadapinya bukan penantang sembarangan, melainkan petenis tuan rumah, Bernard Tomic yang di turnamen pemanasan sebelumnya – Sydney International, sukses mencapai final sebelum akhirnya dikalahkan Juan Martín del Potro.

 

“Di babak pertama, saya akan melawan favorit tuan rumah (Tomic), yang merupakan petenis hebat. Lebih-lebih, dia berada dalam kondisi yang prima setelah dia mampu sampai ke final di Sydney,” sambung Nadal.

 

“Jadi, akan sedikit bersiasat untuk memikirkan hasil dari pertandingan (pertama) saya. Saya akan berusaha memberikan yang terbaik pada laga pembuka dan jika saya mampu melewatinya, saya akan terus mengembangkan lagi permainan saya hari ke hari,” tutupnya.

(raw)