Share

Dorna Sports Minta Ganti Rugi Rp104 Miliar ke Pengelola MotoGP Finlandia

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Kamis 24 November 2022 14:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 38 2714052 dorna-sports-minta-ganti-rugi-rp104-miliar-ke-pengelola-motogp-finlandia-89rjEeuBkm.jpg Dorna Sports minta ganti rugi Rp104 miliar ke pengelola MotoGP Finlandia (Foto: MotoGP)

DORNA Sports dikabarkan telah meminta ganti rugi sebesar 6,4 juta euro atau sekitar Rp104 miliar ke pengelola Sirkuit KymiRing. Sebab, seri MotoGP Finlandia pada tahun ini gagal digelar.

Sebagaimana diketahui, MotoGP seharusnya menggelar seri di Finlandia pada musim 2022 lalu. Namun, setelah sempat tertunda pada 2019 lalu, GP tersebut kini kembali tak jadi berlangsung.

MotoGP

Sebagian besar faktor kegagalan itu karena dua perusahaan yang membangun KymiRing bangkrut. Alhasil, penyelesaian infrastruktur yang sedianya bisa selesai tepat waktu saat balapan berlangsung pada Juli lalu, kembali tertunda.

Akibatnya, banyak perusahaan-perusahaan yang telah menginvestasikan dana mereka di sirkuit tersebut ingin mendapatkan kembali uang mereka karena penyelenggaraan MotoGP Finlandia yang kemungkinan tak akan pernah terwujud. Kabarnya, daftar kreditur yang mau mengambil lagi uang mereka dari pengelola KymiRing terus bertambah.

Menurut laporan Paddock GP, Kamis (24/11/2022), sekarang Dorna Sport telah menggugat KymiRing Events, anak perusahaan yang mengelola sirkuit tersebut. Tak tanggung-tanggung, Dorna meminta mereka mengembalikan investasi yang telah mereka keluarkan sebesar 6,4 juta Euro (Rp104 miliar).

Angka tersebut kabarnya terkait dengan perjanjian promosi yang ditandatangani pada Juli 2021 silam. Kabarnya, Dorna tak pernah menerima apapun dari KymiRing sejak saat itu.

Dengan begitu, nampaknya penyelenggaraan MotoGP Finlandia tidak akan berakhir dengan bahagia, bahkan sebelum dimulai. Padahal, jika bisa digelar, maka itu akan menjadi balapan MotoGP pertama di Finlandia sejak terakhir kali melakukannya pada 1982 lalu.

Francesco Bagnaia

Dorna sendiri saat ini tengah mengusahakan untuk memasukkan dua balapan lagi dalam kalender MotoGP yakni di India dan Kazakhstan. Alhasil, mimpi Finlandia untuk menggelar balapan kuda besi paling bergengsi di dunia itu sepertinya tak mungkin bisa terwujud.

Sebelumnya, Finlandia resmi masuk ke dalam kalender kejuaraan MotoGP pada 2019 lalu. Akan tetapi, karena belum rampungnya pembangunan trek dan pandemi Covid-19 membuat balapan di KymiRing tidak jadi dihelat.

Trek sepanjang 4,6 km itu sendiri sebenarnya sudah pernah diuji coba oleh test rider dari enam pabrikan, yakni Honda, Yamaha, Suzuki, KTM, Ducati dan Aprilia, pada Agustus 2019 lalu. Bahkan, sebelum pembatalan MotoGP Finlandia 2022, sirkuit ini juga sempat dikabarkan bakal kembali menggelar pengujian pada Juni silam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini