Share

Meski Dukung Sprint Race di MotoGP 2023, Bos Ducati Minta Dorna Sports untuk Matangkan Persiapan

Maulana Yusuf, Jurnalis · Kamis 29 September 2022 15:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 29 38 2677488 meski-dukung-sprint-race-di-motogp-2023-bos-ducati-minta-dorna-sports-untuk-matangkan-persiapan-vIUIFMN4NY.jpg Paolo Ciabatti dukung adanya sprint race di MotoGP 2023. (Foto: MotoGP)

BANGKOK - Direktur Balap Tim Ducati, Paolo Ciabatti sangat mendukung rencana balapan sprint race di MotoGP 2023. Namun, ia merasa ada beberapa hal yang perlu dibicarakan dan dimatangkan untuk menggelar sprint race tersebut demi keselamatan para pembalap.

Seperti diketahui, MotoGP 2023 akan menampilkan konsep baru. Nantinya dalam setiap pekan akan ada Sprint Race untuk semua rider yang akan tampil sebelum balapan MotoGP tahun depan.

Sprint Race sendiri merupakan balapan singkat pada hari Sabtu untuk meningkatkan antusiasme penonton sebelum balapan akhir pekan alias di hari Minggu. Mengenai konsep baru itu, Ciabatti mengatakan bahwa Sprint Race sudah sepantasnya diadakan pada 2023.

Paolo Ciabatti

"Mungkin sudah waktunya untuk memperkenalkan sesuatu yang baru di MotoGP," kata Ciabatti, dilansir dari Speed Week, Kamis (29/9/2022).

Di samping itu, Ciabatti juga memberikan saran penting sebelum Sprint Race itu nantinya diterapkan. Ia menyarankan agar format Sprint Race harus benar-benar didiskusikan secara gamblang. Selain itu, juga harus memperhatikan sejumlah aspek untuk keselamatan para pembalap.

"Tentu saja ada beberapa diskusi sebelum konsep baru diterbitkan, juga dari presentasi proyek di Austria hingga presentasi semua detail di Aragón. Formatnya (harus) dibahas dan detail seperti berapa lama FP1 harus berlangsung," cetusnya.

“Tetapi Anda harus mempertimbangkan beberapa aspek. Misalnya, kami ingin memastikan pabrik dapat memenuhi kebutuhan dengan jumlah mesin yang sama per musim,” tambah Ciabatti.

“Kami juga harus memastikan mekanik bisa memperbaiki dan memeriksa motor kedua jika mengalami kecelakaan di sprint race, misalnya. Itu sebabnya kami bersikeras bahwa pemanasan berlanjut pada hari Minggu, meskipun hanya 10 menit, bukan 20," lanjut Ciabatti.

"Kami pikir sepuluh menit sudah cukup untuk memeriksa fungsi motor pada hari Minggu pagi. Ada juga tim yang memasang mesin baru untuk balapan pada Sabtu malam. Jadi, Anda harus memastikan semuanya berfungsi," jelasnya.

Paolo Ciabatti

Di sisi lain, Ciabatti sangat mendukung pengadaan Sprint Race pada MotoGP 2023 nanti. Di mana, konsep baru itu bisa mendatangkan dan meningkatkan antusiasme penonton terhadap MotoGP.

“Tapi secara umum kami positif tentang format baru. Seperti semua inovasi, akan ada beberapa aspek yang masih membutuhkan penyempurnaan. Kita lihat saja tahun depan. Sprint Race seharusnya membantu menghasilkan lebih banyak perhatian bagi para penggemar, untuk televisi dan media lainnya. Ini baik," tutupnya.

Nonton semua seri balapan MotoGP 2022 kapan saja dan di mana saja live di Vision+, cek di sini. Download Vision+ sekarang di Google Play Store atau App Store.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini