Share

Ditinggal Oscar Piastri yang Pindah ke McLaren, Bos Alpine Akui Lakukan Kesalahan

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Selasa 20 September 2022 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 19 37 2670859 ditinggal-oscar-piastri-yang-pindah-ke-mclaren-bos-alpine-akui-lakukan-kesalahan-se789NmDqW.jpg Oscar Piastri dipastikan gabung McLaren di F1 2023 (Foto: Reuters)

DITINGGAL Oscar Piastri yang pindah ke McLaren, bos Alpine, Laurent Rossi akui lakukan kesalahan. Menurut Laurent Rossi ia seharusnya memberi perhatian lebih kepada pembalap masa depan Alpine tersebut.

Namun, hal itu sudah terlambat. Alih-alih berharap Oscar Piastri setia dengan Alpnie, juara Formula 2 2021 itu justru hengkang ke McLaren akibat kontrak yang tak jelas dari pihak Alpine.

 Oscar Piastri

Sebagaimana diketahui, kisah perseteruan Alpine dan Oscar Piastri dimulai setelah F1 GP Hungaria 2022 lalu. Saat itu, pembalap senior Alpine, Fernando Alonso, mengumumkan bahwa dia akan meninggalkan timnya untuk bergabung dengan Aston Martin tahun depan.

Sehari kemudian, Alpine merilis pernyataan bahwa mereka telah resmi merekrut Oscar Piastri untuk berduet dengan Esteban Ocon pada F1 2023 mendatang. Akan tetapi, ternyata pengumuman tersebut dibuat tanpa persetujuan dari pembalap 21 tahun itu.

Oscar Piastri pun dengan cepat memberi klarifikasi terkait rilis asal tim asal Prancis itu. Dia menyatakan bahwa dirinya tidak mencapai kesepakatan apapun dengan mereka musim depan dan menegaskan bahwa dia juga tidak akan mau pindah ke sana.

 BACA JUGA:Max Verstappen Selangkah Lagi Juarai F1 2022, sang Ayah Justru Tak Peduli

Merasa yakin bahwa pembalap asal Australia itu sudah dikontrak untuk membela mereka tahun depan, Alpine pun membawa kasus ini ke Dewan Pengakuan Kontrak (CRB) FIA. Namun, pada akhirnya CRB menyimpulkan bahwa Oscar Piastri tidak terikat dengan kontrak apapun dengan Alpine.

Ia pun diizinkan secara hukum untuk menandatangani kontrak dengan tim lainnya. Laurent Rossi pun akhirnya pasrah dan menerima keputusan tersebut.

Sebab menurutnya, Alpine memang membuat kesalahan dari segi teknis hukum. Sampai ia kecolongan dan tak mampu mempertahankan pembalap cadangan mereka itu untuk dipromosikan tahun depan.

Laurent Rossi

(Laurent Rossi, CEO Alpine F1 Team)

“Dia (Piastri) tidak pernah menandatangani kontrak apa pun yang kami berikan kepadanya. Padahal, kami mengajukan kontrak padanya berkali-kali,” kata Laurent Rossi dilansir dari Formula1news.

“Akan tetapi, kontrak itu tidak pernah ditandatangani olehnya. Kami pun tidak bisa mempertahankan dia karena dia tidak menandatangani kontrak dengan kami, walaupun kami mengharapkan loyalitasnya,” imbuhnya.

“Bagaimanapun kami membuat beberapa kesalahan, kami membuat beberapa kesalahan teknis hukum. Kami membiarkan pintu terbuka dan tidak memaksanya masuk dengan kontrak yang sangat ketat sehingga dia tidak bisa leluasa pindah,” tuturnya.

Oscar Piastri sendiri pada akhirnya resmi direkrut oleh McLaren untuk mentas di F1 2023. Dia mengisi kursi yang ditinggalkan Daniel Ricciardo untuk berduet dengan Lando Norris.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini