Share

6 Hal tentang Sprint Race MotoGP yang Perlu Diketahui, Nomor 1 Berkaitan dengan Marc Marquez

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 22 Agustus 2022 21:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 22 38 2652415 6-hal-tentang-sprint-race-motogp-yang-perlu-diketahui-nomor-1-berkaitan-dengan-marc-marquez-acRL5A907m.jpg Berikut 6 hal tentang sprint race di MotoGP yang perlu diketahui. (Foto: Instagram/@88jorgemartin)

6 hal tentang sprint race MotoGP yang perlu diketahui. Sprint Race sendiri diketahui akan diterapkan di MotoGP 2023.

Ya, pihak penyelenggara MotoGP mengumumkan penggunaan sprint race pada MotoGP 2023 dalam konferensi pers yang digelar Sabtu 20 Agustus 2022. Konferensi pers yang digelar jelang balapan MotoGP Austria 2022 ini dihadiri oleh Jorge Viegas (FIM), Herve Poncharal (IRTA), dan Carmelo Ezpeleta (Dorna Sports).

BACA JUGA: Raih Tiga Kemenangan Beruntun Setelah Sempat Terpuruk, Francesco Bagnaia Puasnya Bukan Main

Pengumuman ini sontak jadi sorotan karena dinilai bisa memberi keuntungan dan juga kerugian kepada pembalap. Sebelum resmi digunakan, mari menilik 6 hal tentang sprint race MotoGP.

BACA JUGA: MotoGP Austria 2022: Jika Balapan Tambah 2 Putaran, Francesco Bagnaia Pasrah Disalip Fabio Quartararo

6. Tiru F1

F1 2022

Sprint race MotoGP meniru Formula One (F1). Ya, F1 memang sudah lebih dahulu menggunakan sesi ini pada musim 2022.

Namun demikian, di F1, sprint race hanya berlangsung dalam tiga seri balapan. Tiga balapan itu digelar di Sirkuit Imola, Red Bull Ring, dan Interlagos.

5. Diterapkan di Setiap Balapan

Para pembalap MotoGP

Meski mengikuti jejak F1, MotoGP agak berbeda format dalam menerapkan sesi sprint race. Sesi ini akan diterapkan di semua balapan MotoGP 2023.

“Balapan sprint kelas MotoGP akan hadir di setiap akhir pekan Grand Prix pada 2023! Era baru muncul di cakrawala!” tulis keterangan resmi MotoGP di Instagram resminya.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Ubah Format Latihan Bebas

Para pembalap MotoGP

Penerapan sprint race di MotoGP 2023 akan mengubah format latihan bebas. Sebab, disebut, sprint race akan menggantikan format latihan bebas keempat (FP4).

Jadi, ada latihan bebas 1 dan 2 yang digelar pada Jumat. Hasil dari 2 sesi itu akan menentukan posisi pembalap di kualifikasi, apakah masuk kualifikasi 2 atau tidak.

Kemudian pada Sabtu, ada sesi latihan bebas 3, kualifikasi Q1 dan Q2 yang menentukan starting grid, dan terakhir sprint race. Baru pada Minggu, ada sesi balapan.

3. Perebutkan Banyak Poin

Para pembalap MotoGP

Sprint race akan memperebutkan poin yang cukup banyak. Karena itu, sesi ini diyakini bakal membuat balapan makin seru pada musim 2023.

Disebut, poin sprint race hanya akan diberikan kepada 9 pebalap paling awal mencapai garis finis. Pemenang sesi ini akan mendapatkan 12 poin. Kemudian, posisi kedua mendapat 9 poin, urutan ketiga 7 poin, pembalap keempat meraup 6 poin, poisisi kelima 5 poin.

Lalu, pembalap urutan keenam 4 poin, pembalap ketujuh mendapat 3 poin, posisi kedelapan 2 poin. Terakhir, pembalap kesembilan mendapat 1 poin.

2. Tuai Pro Kontra

Fabio Quartararo

Meski memberi keuntungan, penerapan sesi sprint race dalam semua balapan musim depan menuai pro dan kontra. Salah satu yang menyampaikan kritik dan kekecewaan adalah Fabio Quartararo. Baginya, ini ide yang bodoh.

“Menurut saya, itu (sprint race) benar-benar bodoh,” kata Quartararo soal wacana sprint race, dilansir dari Motorsport Internasional.

“Bukan saya yang membuat keputusan tentang format balapan, tapi saya pikir kami memasuki format yang sangat bodoh,” sambungnya tegas.

1. Disukai Marc Marquez

Marc Marquez

Fakta terakhir dari sprint race berkaitan dengan Marc Marquez. Ya, jika Fabio Quartararo tak setuju dengan penerapan sprint race, dia malah memberi dukungan besar. Sebab, dia yakin balapan bisa berjalan jauh lebih menarik.

"Saya menonton dengan penuh minat balapan sprint (race) di F1 dan saya menyukainya," kata Marquez, dilansir dari GPOne.

"Sekarang, semua orang telah menyadari, bahwa kami perlu mengubah sesuatu (modifikasi/pembaruan) di kejuaraan kami. Kami perlu meningkatkan pertunjukan dan membuat balapan lebih menarik bagi penggemar muda," sambungnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini