Share

Usai Sabet 3 Medali Emas di Islamic Solidarity Games 2021, Begini Kata Ricko Saputra

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Sabtu 13 Agustus 2022 07:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 13 43 2647080 usai-sabet-3-medali-emas-di-islamic-solidarity-games-2021-begini-kata-ricko-saputra-Oh9Ki2S8fh.jpg Ricko Saputra berhasil sabet tiga medali emas di Islamic Solidarity Games 2021 (Foto: Instagram/@timofficialindonesia)

ATLET angkat besi Indonesia, Ricko Saputra mengaku tak menyangka, usai dirinya berhasil menyabet tiga medali emas sekaligus di ajang Islamic Solidarity Games 2021 cabang olahraga (cabor) angkat besi. Baginya, ini adalah torehan terbaik sepanjang kariernya di olahraga angkat besi.

Mewakili Indonesia dari cabor angkat besi, Ricko Saputra turun di kelas 61kg putra. Dia tampil perkasa hingga sukses menyapu bersih tiga medali emas. Yaitu dari Snatch (128kg), Clean & Jerk (163kg) dan total (291kg).

Ricko Saputra

Pada kategori Snatch, medali perak didapat oleh Seraj Alsaleem asal Arab Saudi sementara perunggu didapat oleh lifter Turki, Ferdi Hardal. Kemudian pada Clean&Jerk dan total angkatan, medali perak masih didapat oleh Seraj.

Namun ada perubahan pada perunggu, yang mana didapatkan oleh Otepbergen Aliyev asal Kazakhstan. Ricko Saputra mengaku sempat tegang karena melihat lawan-lawannya yang merupakan lifter kelas dunia. Dia pun tidak menyangka bisa mempersembahkan tiga medali untuk Indonesia.

“Sebenarnya nggak nyangka banget bisa meraih medali emas ini. Nervous sih nggak, paling hanya sedikit tegang ketika melihat lawan-lawan ya. Alhamdulilah diberi kesempatan membawa nama baik Merah Putih dengan tiga emas ini,” kata Ricko Saputra dalam rilis NOC Indonesia.

Lebih lanjut, Ricko Saputra mempersembahkan medali tersebut kepada keluarga tercinta hingga NOC Indonesia. Impiannya untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional akhirnya bisa tercapai.

“Emas ini untuk Indonesia, keluarga, istri, anak, orang tua, dan mertua, pelatih, Pabsi, NOC Indonesia, dan semua yang telah mendukung karier saya. Karena memang sedari kecil cita-cita saya adalah menjadi atlet angkat besi yang bisa membanggakan dan mengharumkan nama Indonesia,” ungkapnya.

Ricko Saputra

Tak hanya Ricko Saputra saja yang sukses menyumbang medali emas untuk Indonesia. Ada Siti Nafisatul Hariroh, yang sukses sabet tiga medali emas di kelas 45kg putri. Tiga medali emas itu didapatnya dari Snatch (88kg), Clean & Jerk (71kg) dan total (159kg).

Kemudian, Natasya Beteyob juga berhasil menambah dua medali emas dan satu perak untuk Indonesia. Turun di kelas 55kg putri, Tasya mendapat medali emas dari kategori Clean&Jerk (111kg) dan total angkatan (195kg).

Sementara perak didapat Tasya dari Snatch (84kg). Dengan begitu, maka artinya, cabor angkat besi tercatat telah menyumbang delapan medali emas di Islamic Solidarity Games 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini